Kesehatan by Admin Hargakata

Pengalaman dan Cara Tutup Polis Asuransi Prudential

— advertisement —

Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas mengenai apa itu prudential dan kelebihan apa yang ditawarkannya. Hanya ingin berbagai pengalaman untuk menutup polis saja. Setelah 3 tahun mengikuti asuransi prudential pada akhirnya sampai pada titik harus memutuskan untuk berhenti program asuransi kesehatan ini. Alasannya sih masih tentang masalah klasik berkaitan dengan finansial keluarga.

Kalau dulu memang daftar lagi kuliah sama ortu, soalnya dulu sempat sakit dan harus dirawat selama 7 hari di rumah sakit, mungkin karena itu ortu mau daftarin agar nanti apabila sakit punya asuransi kesehatan. Karena punya penghasilan sendiri ya saya saja yang bayar sendiri iuran tiap bulannya, yaitu Rp.350.000. Sampai kahirnya menikah dan punya anak, pada saat ini memang keuangan sedikit memburuk, karena hal itulah saya memutuskan berhenti saja dulu.

Pertama saya konsultasi dahulu dengan agen prudential, awalnya ia mengatakan jangan dahulu berhenti, lebih baik nanti setelah 10 tahun saja agar uang tutup polis yang saya dapatkan lebih besar, kalau untuk 3 tahun ini bisa jadi kurang dari setengah biaya selama ini saya setorkan.

— advertisement —

Karena memang hal ini sudah saya perkirakan, ditambah sudah baca-baca pengalaman orang lain, tekad saya sudah bulat untuk berhenti/tutup polis. Kemudian agen saya mengatakan akan mengirim email kepada kantor pusat melalui kantor cabang di kota saya mendaftar agar CS di kantor pusat menelpon saya.

Sarat yang dibutuhkan untuk tutup polis prudential 

  1. Buku polis asli
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi buku rekening, dan
  4. Formulir penutupan polis (surrender), cara mendapatkannya akan saya bahas di bawah.

CS ini nantinya akan mengirim Surat Surrender untuk pengajuan Tutup Polis. Setelah 2 hari menunggu tidak ada telpon kunjung datang, langsung saja saya ke kantor cabang dan bertanya-tanya cara menghubungi Cutomer Service pusat.

— advertisement —

Cara Menghubungi Custumer Service kantor pusat Prudential

Pihak kantor cabang memberikan No Line CS yaitu 11548 cuma kalau menelpon melalui no tersebut bakalan menyedot pulsa anda cukup banyak, soalnya saya tidak punya telepon rumah. Agar anda bisa daftar paket telpon rumah bisa menghubungi CS melalui cara ini :

  1. Jika sudah daftar paket telpon gratis langsung saja Hubungi 021 299 587 87
  2. Kemudian pakai Fast Dial/atau masukkan no melalui layar Hp anda : 13342

Ketika CS berhasil dihubungi dan anda memberitahukan keperluan anda adalah ingin Tutup Polis, ia akan menanyai beberapa pertanyaan untuk mengkonfirmasi bahwa anda pemilik yang benar dari No polis yang akan di tutup, pertanyaannya yaitu :

  1. No Polis
  2. Nama Lengkap
  3. Tanggal Lahir
  4. Alamat yang didaftarkan
  5. Jumlah biaya perbulan yang dibayarkan
  6. No Hp

Jika verifikasi data diatas sesuai, anda nantinya akan ditanyai mau di kirim Formulir Surrender ke alamat rumah atau via email, saya pakai via email saja biar lebih cepat. Email datang selama 1×24 jam, jadi ditunggu saja.

— advertisement —

Email Formulir tutup polis prudential

3 file akan kita dpatkan, dan 2 yang kita isi. Contoh bentuk formulirnya seperti ini :

Surat Tutup polis 1 Surat Tutup polis 2

Anda tidak bisa begitu saja membuat formulir yang serupa, karena formulir tersebut mempunyai no referensi dan no tersebut punya masa berlakunya (inofrmasi dair CS).

Formulis saya isi sesuai dengan ketentuan kemudian saya kasihkan ke pihak kantor cabang tempat saya mendaftar (sesuai instruksi agen) tapi kalau menurut CS bisa kirim langsung dokumen/persyaratan tutup polis ke alamat yang tertera di formulir :

Alamat Kantor Prudential

Kata pihak kantornya besoknya akan di kirim ke kantor pusat, sekaligus ngasih informasi kalau uang akan di transfer ke rekening tabungan saya sekitar 7-14 hari kerja. Setelah sekita 9 hari saya agak penasaran karena tak ada juga uang yang masuk ke tabungan, olehkarena itu saya kembali menelpon CS untuk menanyakan kapan uang ini masuk. Cara menghubunginya sama saja, dan tetap memberikan pertanyaan untuk verifikasi.

Ternyata uang hasil tutup polis ini sudah dijadwalkan/diantrikan dan masuk 1 hari lagi, benar saja besoknya uang ini masuk ke tabungan saya.

Dari penjelasan saya diatas mungkin ada yang menanyakan jumlah uang yang didapatkan dari hasil iuran sebesar Rp.350.000 selama 3 tahun ini dapat berapa? Yupz bulatnya yaitu Rp.5.600.000 kalau koma-komanya saya lupa lagi berapa. Kalau dihitung memang kurang dikit dari setengahnya, saya sih memaklumi dan menerima resiko ini, karena uang yang kita setorkan jika kurang dari 10 tahun ini dipakai biaya ini dan itu berkaitan dengan jaminan kesehatan yang akan anda daptkan, CMIIW.

Untuk mengetahui jumlah dana yang bisa dikembalikan bisa menghubungi agen anda, pihak kantor cabang, atau juga menghubungi Customer Service

— advertisement —

Selengkapnya sih mending tanyain saja ke agen nya langsung biar lebih jelas, apalagi jangan sampai anda mendaftar asuransi ini tidak mengerti secara detail uang ini nantinya masuk kemana saja. :D.

Related with “

Pengalaman dan Cara Tutup Polis Asuransi Prudential

Cara Melakukan Pembayaran Asuransi Prudential Melalui ATM

Pada kesempatan kali ini saya ingin share mengenai cara melakukan pembayaran asuransi prudential melalui atm, sebenarnya ada cara lain melakukan…

7 Manfaat Ibadah Puasa Ramadhan Untuk Kesehatan Tubuh

Hal yang wajar kita rasakan bila merasakan lapar dan haus ketika menjalani ibadah puasa. Apakah puasa itu begitu menyiksa bagi…

55 Comments

  • Novita berkata:

    Kak mau tanya kalau kita uda dapet surat formulir penutupan kan di bagian bawah ada di suruh tanda tangan angen kita
    Itu perlu ga ya? Makasi sebelum nya ☺️

  • Tory berkata:

    Mau tanya nih, kebetulan istri ikut asuransi tsb, yg byrnya Rp.300.000 udah jln 6 tahun, mau ditutup, pas ke kantor cabang,kok dptnya hanya Rp. 3,1 jt

    • Hargakata Writer berkata:

      kalau belum 10 tahun kita dapatnya paling 50% an dari yg sudah dibayarkan

      • Mei salzka berkata:

        Apa benar kl sdh lebih dr 10 tahun akan untung/tidak rugi?

        • Eli berkata:

          Ga untung , tetap yang diterima cuma 50% , saya sampe 10 tahun premi sebulan 400ribu , sungguh sangat menyesal apa lagi saya ga pernah pake (ngajuin klaim sakit)

      • Rahma zulvia berkata:

        Saya mau tanya ..kalau saya nutup polis saya apakah uang saya keluar/saya terima seauai dengan jumlah uang yg sudah saya stor..
        Polis saya rp.600.000/bulan selama 3thn

        • Admin Hargakata berkata:

          Tidak pak, kalau mau mendekati 100% biasanya setelah 10 tahun lebih. Pengalaman saya ngambil sebelum 10 tahun cuma dapet setengahnya

      • Ayu puspa berkata:

        Mas polis saya 500 mw behenti stelah tahun mw tahun ke 4 koq dibilang dapetnya cuman 1,6 juta ya saya harus gmna ya mas

  • Riew berkata:

    waktu agen nya menawarkan dia tidak menjelaskan klo asuransi nya tidak bisa di pakai klaim kesehatan/kecelakaan . dia hanya blg bisa dicairkan dana setelah 10thn. pas saya cari tau lagi ternyata jenis asuransi saya adalah asuransi jiwa!!!.
    klo dipikir lagi , benefitnya kurang untuk kehidupan sehari hari
    setiap bulan bayar 200.000
    uang bisa cair.stlh 10thn (120bln)
    200.000X120=24.000.000
    uang yg nanti.saya terima 10.000.000
    terus pihak asuransi 14.000.0000
    kenapa malah lebih bisar pihak asuransinya ???

    • Hargakata Writer berkata:

      saya kurang tahu sih mas, punya saya belum sampai 10 tahun.

    • Pratiwidarmastuti berkata:

      Mas mau tanya , aku kan juga mau nutup asuransi prudential q juga udah telp , tapi sampai sekarang suratnya kog blm dateng y…mohon penjelasannya terima kasih

    • indri wijaya berkata:

      bisa di lihat buku polisnya premi dasarnya berapa, dan nilai top up ny berapa, top up semakin tinggi, uang yang akan kita terima akan semakin besar, karena top up tidak kena biaya asuransi, premi dasar kena biaya asuransi, pada saat buka polis umur berapa, ini mempengaruhi nilai unit kita, dan pada saat pencairan dana di lihat lagi kondisi nilai unitnya lagi tinggi atau rendah, seperti dolar, klu dolar lagi tinggi pada saat kita beli ya pasti mahal, bila kurang jelas bisa tanyakan langsung ke agent yang menawarkan asuransinya

  • Tety berliana berkata:

    Saya sudah 8th peserta prudetial kalo mau ambil saldo tetapi tidak tutup polis bisa ngga ya tapi agent saya sudah tidak aktif

    • Hargakata Writer berkata:

      enggak bisa kayaknya

    • Nan berkata:

      Bisa coba ke kntor cabangnya minta form penarikan, biasanya disuru nyisain dikit biar polis tetap berjalan, dan next month dan seterusnya tetep bayar premi ya

    • alfizar berkata:

      Pengalaman saya, asuransi jiwa bayar 500rb/bulan rutin, tahun ke 6 saya urus kekantor pusat untuk ambil nilai manfaat dapat 8 jt, tahun ke 7 saya kekantor pusat tannya kalau tutup saya dapat berapa?, mbaknya bilang 2,7 jt,saya tannya lagi kalausaya teruskan bayar sampai 10 th saya di akhirnya saya dapat berapa?, dapatnya lebih kurang 11 jt tergantung bla bla bla. saya lansung tutup acc.

    • erdiyan berkata:

      bisa. langsung telp cs prudential. sy br tutup polis tanggal 2 april ini.langsung melalui telp via cs.sekarang berkas2 sy sdh diterima di kantor prudensial.

    • Rahmay berkata:

      Barusan saya tlp ke cs dia bilang bisa bu,,penjelasan nya itu nama nya widrawel apa g tu,,itu bisa di ambil dana saldo ibu cuma harus di sisakan 1 jt rupiah,tapi pembayaran premi masih tetep berjalan seperti biasanya

    • Andie berkata:

      Menurut pengalaman sy bisa kok mba ditarik. Namanya tarik sebagian. Tp hrs ada saldo paling sedikit 1 juta. Coba dtg ke kantor cabang Pru di kota mba. Nanti akan disuruh mengisi formulir, menyetor fotokopi ktp dan fotokopi buku rekening (halaman depan aja). Itu sih seingatku mba. Klo berkas udah dikirim ke kantor pusat, tinggal tunggu aja informasi dr Pru kapan dananya masuk ke rekening. Biasanya di info lewat sms. Nama di ktp dan nama di rekening harus sama ya mba, soalnya sy pernah mengalami dana ngga bisa masuk ke rekening gara2 di rek.ada tertulis “Ibu” di nama saya.

    • Nirna berkata:

      Tabungn ny bisa d ambil tanpa menutup polis danada formulir yg harus d isi. coba hubngn call center prudential. Biasa ny klau agen sblmny sdh tdk aktif akan d beritahukan dr prudential agen yg slnjutnya msh aktif

  • Arta sihombing berkata:

    K 2ank sy tdnya msk asuransi, msing2 premi 350rb,msk asuransi 2012,2015 ada kndala dngn keuangan, 3bln ga bayar, trus sy tnya k cs,cek saldo mrka blng minus, jd sy ga dpt apa2,stlah kurng lbih 4thn byar asuransi, 350x48bln

    • Nan berkata:

      Masuk asuransi itu ada biaya akusisi/operational, jd th ke 1 100%, th ke 2 menurun sampai th ke 4 biasanya.jd saldo belom bagus makanya dibilang th ke 10 itu bagus krn sudah tdk kena potongan, tapi hny kena biaya asuransi

  • cecep berkata:

    terimakasih mas info nya bermanfaat.. semoga sukses

  • joko berkata:

    CS nya hari sabtu/minggu bisa ditelf ga? atau hanya hari kerja saja?

  • keken berkata:

    saya mau tanya kalau kita sudah lama tidak menyetor trus mau berhenti dan tarik yg selama ini sudah kita setor bisa gak?

  • Mamat berkata:

    Setelah mendapat informasi pengajuan surrender dari prudensial via SMS, kira2 berapa lama yah prosesnya sampai uangnya bisa masuk ke rekening bank ?? saya sudah hampir seminggu sejak mendapatkan notifikasi via SMS,.. tp blom ada update nya…

  • puti berkata:

    halo saya mau tanya kalo mau tutup akun tapi buku polis asli hilang bisa ga ya?

  • Sadik berkata:

    Kalau agen sdh tidak diketahui bisa dikosongkan

  • Stenly berkata:

    Mau nanya. Saya ikut yang 350 rb saat 5 tahun saya ambil manfaatnya saya dapat 8 jt n pda bulan yg ke 5nya saya tutup polis n dapatnya cuma 1.600 rb. Yg membuatku binggung thu saat saya nanya k agen tuk tutup polis dia tdk menjelaskan apa2 buat saya.

  • Rina Nurlatifah berkata:

    Mau tanya saya kan ikut asuransi prudential thn 2012 pas thn ke 6 kira2 thn 2018, bulan nya saya lupa pernah gak bayar2 selama 10bln (cuti premi) trus pada bulan desember 2018 saya aktifkan kembali, dan sdh aktif lagi pendebitan di bln januari 2019
    kira2 klo saya berhenti di bln April 2019 ini artinya asuransi ny mau saya tutup saldo yg diterima (cair) berapa ya? Premi saya perbulan 350rb. Terimakasih.
    Mohon penjelasannya, apa benar akan berkurang lebih banyak karna sempat cuti premi dulu 😭

  • puji berkata:

    suami saya premi 500rb. bayar rutin 3th, karena masalah keuangan tdk bayar 10 bln. tutup polis cuma dapat 1jt200. sebenernya uda mau tutup polis 10bulan yg lalu tp agennya ga bertanggungjawab, akhirnya kepending sampe 10bln.

  • Yono suparno berkata:

    Saya ikut prudential udah 3tahun 4 bulan tiap bulamya 500 rb karena pailit keuangan saya tutup polis nanya ke ezen dapat berapa dia bilang 320000 biarin kata saya pas masuk ke tabungan hanya dapat Rp 101000 di ambil sama siapa uang itu,pokomya saya tidak rido uang saya yang di prudental titip aja untuk bekal di akherat nanti, berobat juga belum pernah pokokmya saua tidak rido ini mirip unsur penipuan.

  • Andie berkata:

    Masa kontrak saya 5 tahun dan sekarang udah masuk tahun ke 8. Berarti masa kontrak saya udah selesai. Klo misalnya saya mau tutup sekarang rugi apa untung ya ?

  • Ara berkata:

    Sudah dari tahun kemarin saya pengajuan surrender tp di bikin rumit sama Prudential, sudah sy ajukan melalui agen, melalui cs nya langsung. Semua nya sama rumit nya.
    Alasan pertama, dikarenakan perubahan tanda tangan, sudah sy isi formulir pengajuan perubahan tanda tangan nya sampai ada 3/4 kali, yg terakhir baru benar. Formulir perubahan tanda tangan sudah benar, ganti pengajuan penutup an polisnya yg sudah habis masa berlakunya, sampai saya capek kirim2 trus, sy kirim sendiri berkasnya langsung ke pusat karena melalui kantor cabang ngirimnya lama,dan kirim berkas juga tidak sedikit biayanya. telp ke CS juga butuh pulsa yg tidak sedikit, sudah saya lakuin semua. Terakhir diberikan info oleh salah satu CS katnya bisa dimintakan kebijakan perusahaan, karena masalah periode masa berlaku formulir penutup an polis yg sudah habis itu bukan salah saya.
    Setelah itu masih ada lagi alsannya, karena nomer hp saya yg sudah lama sekali ituntidak berlaku, disuruh pengajuan perubahan nomer hp, dan menunggu lg kurang lebih 3hari untuk perubahan nomer hp nya.
    Sudah saya tunggu juga, tadi barusan saya telp lagi ke CS nya, katanya belum bisa lagi diproses untuk pengajuan surrender saya dengan alasan saya tidak bisa dihubungi untuk tetap mengirimkan formulir penutup an polis. Trs yg diajukan oleh CS sebelumnya yg katanya diminta kan kebijakan itu apa?? Dan saya herannya lagi, CS nya setelah saya tanya, kok tidak menghubungi saya?? Ternyata tetap nomer lama yg dihubungi.
    Ini sebenarnya saya cuma mau minta hak saya, sudah dr taun kemarin saya pengajuan nya. Sampai saldo saya tiap bulan terpotong terus oleh tagihan!! Kenapa dibikij rumit sperti ini?? Pakai asuransi nya saja belum pernah sama sekali, saya cuma mau minta hak saya, sudah hampir setaun dibikin rumit sekali. Sungguh mengecewakan sekali asuransi ini.
    Agen nya juga tidak tanggung jawab, setaun setelah saya ikut asuransi ini, dia pindah ke asuransi lain juga sy tdk dibantu untuk mencari agen yg lain!!
    Sungguh sangat Mengecewakan sekali

  • Wisnu kanigoro berkata:

    Saya punya asuransi prudensial udah berjalan 5 tahun dan udah satu tahun tidak bayar bulanan sebesar 400.rencana saya pengen berhenti ,minta saran nya buat temen2 ?

    • ene berkata:

      sama kayak saya paling mas, sudah jalan 6 tahun tapi yang 2 tahun tak terbayar karena uangnya dipakai oleh agen buat kepentingan pribadi, dapatnya cuma 2 juta, kampret emang, duit 30jt melayang.

  • Iman wahyudhi berkata:

    Saya yudhi,saya ikut asuransi kesehatan dan investasi 10 thn,mau nutup polis saya karena sudah pensiun dan ini adalah thn ke 3 per bulannya 2jt kira kira berapa yg saya dapatkan karena dah nggak ada dana untuk bayar.
    Terimah kasih atas perhatiannya.

  • Indah kalalo berkata:

    Sekedar info klo bisa si jangan ikut prudiental klo gak pnya uang lebih… klo blm 10 thn di tutup akan rugi sangat sangat besar sekali… bikin sakit hati…
    Ingat ya sangat sangat rugi besar sekali …
    Mending uang ditabung di rumah aja biar pun di makan rayap kita gak sakit hati….
    Terima ksh

  • Cia berkata:

    Saya lagi proses nunggu nih pencairan , saya ikut prudent sudah dati tahun 2012 SD sekrg 7 tahun lebih 2 bulan, dana yg saya liat di email akan cair 18 juta sekian…, skrg sudah 1 minggu dari Sms belum ada uang masuk… semoga minggu depan sudah masuk, doa kan ya.. saran aja deh.. kalo menurut saya gk usahlah pake asuransi gini gk jelas uang kita di ambil perusahaan besar .. mending kita bayar zakat dan sedekah rutin .. krn dana yg di Dapet gk sampe 50 % 😭😭 manis di awal di akhir gk di urus sm agen …

  • Mulyani berkata:

    Saya terakhir dapat info bulanan transaksi polis..premi sebulan.1 jt dah berjalan 5 th..nilai tunai yg ada hanya 18 jt..bingung niih mau di tutup atau ngga ya ?..kalo di pikir ngga ada untung nya sama sekali..malah tekor..apalagi pplis hanya bisa di gunakan utk rawat inap saja..hadeeuh dilema banget..mohon saran nya saudara saudari..

  • Yudi reffal berkata:

    Saya sebulan lalu tutup polis … Dengan bulan 300 ribu perbulan … Sudah 9 tahun 4 bulan berjalan … Karna lagi butuh dana saya mutuskan buat nutup polis saya … Sumpah caranya ribet banget agen saya lepas tangan … Sebulan menunggu uang cair … Tapi apa yg di dapat selama 9 tahun … Uang cuma yang masuk ke rekning cuma 4.650.000 sisahnya kemana yak …

  • Neneng Maria Apriyani berkata:

    Bnr2 nyesel ikut prudential, ikut udah 52 bulan dengan premi 550.000/bln pernah diambil 4juta dan akhirnya saya memutuskan menutup polis, dan ternyata saya hanya dapat 840.000, kl diitung2 saya rugi 23jutaan,. ga ridho banget

  • Maslikatun berkata:

    Kalau agent saya yg lama sudah tidak aktif ,tapi di polis saya sudah di ganti sama agent lain sedangkan saya tidak tahu siapa dan nmr telponnyapun tidak tahu

    Kalau bagitu bagaimana cara menghubungi nya dan mintak tanda tangan nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *