Cara Membuat Template Dokumen MS Word Sendiri dan Cara Menggunakannya

0 Comments

Untuk membuat suatu format dokumen seperti resume, surat, atau laporan yang selalu kita butuhkan setiap hari. Dalam dunia pekerjaan biasanya surat-surat atau dokumen yang kita kerjakan formatnya sering sama, hanya cukup di edit saja. Akan merepotkan jika kita memulai semuanya selalu dari awal, jadi lebih baik kita simpan saja. Dengan menggunakan fitur template kita tidak perlu repot mencari dokumen yang kita simpan, karena sudah ada di bagian menu Template.

Walaupun pada Microsoft word ini sudah ada template default yang bisa kita buka dan edit isinya sesuka hati. Tapi pastinya akan ada yang tidak sama dengan kebutuhan. Namun jka anda mempunyai format dokumen sendiri seperti surat pernyataan, surat pengajuan, slip gaji, dll. Anda bisa menyimpan dokumen itu menjadi template dengan tutorial ms word dibawah ini :

Cara Membuat Template Dokumen

1. Buka dokumen ms word yang ingin dijadikan template 2. Klik tab File → Save as

Save As Ms Word

3. Ubah pada bagian Save as type menjadi Word Template, pilih folder Templates sebagai tempat penyimpanan
(*setiap anda pilih save as type sebagai Word Template, secara otomatis akan diarahkan ke folder Custom Office Templates)

Save as word template

4. Ketikkan nama template pada kolom File name, klik Save

Cara Menggunakan Template

Setelah membuat template, sekarang kita akan menggunakan template tersebut, caranya adalah sebagai berikut : 1. Klik tab File → New → My Templates 2. Pilih nama template yang sudah anda simpan sebelumnya pada kolom

  • Personal Templates untuk office 2010 dan
  • Tab personal untuk Office 2016

4. Klik OK

Custom Template

3. Setelah template muncul di layar, anda bisa menyimpannya dalam format dokumen biasa dengan mengklik CTRL+S pada keyboard  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *