Puasa Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2018 Tanggal Berapa ?

–advertisement–

Bulan yang agung sebentar lagi tiba, kita harus bersyukur karena masih diberi umur untuk menunaikan ibadah puasa ramadhan. Bisa jadi bulan penuh berkah ini menjadi yang terakhir untuk kita jalani sebelum menghadap kepada Alloh SWT.

Puasa Ramadhan dan Idul Fitri

Begitupun sebaliknya, hal tersebut juga bisa terjadi kepada orang lain. Tahun kemarin mungkin saja masih ada orang tua, sanak, atau saudara yang ikut buka puasa dan sahur bareng tapi tahun ini sudah tidak ada lagi.

–advertisement–

Sebelum datangnya ramadhan, biasanya ada yang menyikapi dengan penuh bahagia, ada yang biasa saja, dan bahkan mungkin ada yang merasa tidak mau melakukan ibadah ini. Semoga kita termasuk yang sangat antusias dalam menyambutnya.

Petanyaan yang kerap muncul di kalangan masyarakat biasanya adalah tanggal berapa puasa ramadhan ? dan tanggal berapa hari raya idul fitri ?. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin merangkum berbagai informasi penting berkaitan dengan penentuan tanggal-tanggal yang dianggap penting ini.

Di Indonesia, 2 organisasi Islam yang paling berpengaruh di negara kita adalah Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama. Untuk yang ketiga biasanya keputusan akan diambil oleh Pemerintah pada sidang Isbat dengan mengundang berbagai ormas islam, dan tamu-tamu undangan seperti duta besar berbagai negara islam.

Tanggal Awal Puasa Ramadhan menurut Muhammadiyah (MUI)

Dalam berbagai situs berita Indonesia, usai malam Nisfu Sya’ban, di hari ke 15 di bulan Sya’ban tinggal beberapa hari lagi menuju 1 Ramadhan 1439 H.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengumumkan secara resmi bahwasannya awal puasa Ramadhan 1439 H  jatuh pada tanggal  17 Mei 2018.

Tanggal Awal Puasa Ramadhan menurut Nahdatul Ulama (NU) dan Pemerintah

masih menunggu sidang isbat

Menurut  Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional  (LAPAN) Thomas Djamaluddin memperkirakan kalau puasa ramadhan akan dilaksanakan pada tangal yang sama di Indonesia. Tanggal hari raya idul fitri pun juga sama diantara oraganisasi kemasyarakatan Islam.

“Awal Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini akan seragam. Awal puasa 17 Mei dan Idul Fitri 15 Juni (2018),” ujar Thomas melalui pesan singkat, Senin (16/4/2018).

Tanggal Hari Raya Idul Fitri

  • Menurut MUI : jatuh pada Jumat 15 Juni 2018
  • NU dan Pemerintah : menunggu sidang isbat

Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2018/03/13/muhammadiyah-umumkan-awal-puasa-ramadhan-dan-idul-fitri-tahun-2018
https://nasional.kompas.com/read/2018/04/16/10415541/lapan-awal-ramadhan-dan-idul-fitri-tahun-ini-akan-seragam

–advertisement–