Harga, Fitur, dan Spesifikasi Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus

–advertisement–

Perusahaan dari negeri gingseng ini sudah meluncurkan hp flagship mereka yaitu Samsung Galaxy S8 dan S8+, hp pintar ini datang dengan fitur yang mereka sebut sebagai Infinity Display sama seperti Note 8. Sebuah teknologi yang memaksimalkan ketipisan bezel, memang sih pendahulunya juga tipis seperti s7, tapi untuk yang kali ini dagu dan jidatnya juga bezelnya tipis.
Galaxy S8 dan S8 Plus
Walaupun punya layar yang lebar, hp ini dianggap masih enak digunakan dengan satu tangan, apalagi ada fitur one-handed mode yang bisa memperkecil visual layar agar bisa digunakan dengan 1 tangan. Namun bukan hanya dari segi layarnya saja yang menarik, masih banyak lagi fitur baru yang disematkan pada S8 Series ini.

Samsung menghilangkan tombol fisik Home yang biasa ada di dagu hp, sekarang tombol home, history, dan back di simpan secar virtual di dalam layar. Dengan hilangnya ketiga tombol fisik ini menambah nilai lebih keindahan estetika yang dimiliki S8. Lalu bagaimana caranya untuk menghidupkan layar ? jawabannya adalah dengan fitur double tap.

Fitur Baru Samsung Galaxy S8 Series

Resolusi Layar 18,5:9
Resolusi layar S8
Berbeda dengan hp lain yang kebanyakan beresolusi 16:9, S8 dan S8+ mempunyai resolusi yang lebih dari itu. Kita bisa mengatur resolusinya sesuai kebutuhan, jika tidak ingin menggunakan resolusi sebesar itu.

–advertisement–

Tetapi memang ada sedikit kekurangan jika anda gunakan resolusi 18,5:9 atau fullscreen mode ini, untuk beberapa aplikasi seperti Whatsapp, Twitter, Instagram dan lainnya sudah support resolusi layar seperti ini.

Beda halnya dengan aplikasi game seperti clash royale, jika kita gunakan mode resolusi 18,5:9 (fullscreen), maka tampilan game seperti ini akan terpotong. Untuk non fullscreen, semua aplikasi tampil normal, hanya saja tidak memenuhi semua layar dari bagian atas sampai ke bawah.

Performa yang Baik
Exynos 8895
Berbicara soal performa, tentu saja sangat bisa diandalkan untuk multitasking dan gaming yang disokong dengan prosesor Exynos 8895 dibantu dengan Ram sebesar 4GB.

Mode Kamera “Pro”
Fitur Camera Pro Galaxy S8
Kalau soal besaran piksel kamera sudah pasti hp flagship ini didatangkan dengan kemampuan penangkapan momen yang besar, tetapi apa sih fitur baru yang dimiliknya? ternyata terdapat mode kamera bernama Pro yang bisa anda gunakan untuk membuat hasil foto lebih personal sesuai yang diinginkan.

Atur penempatan tombol Home, Recent Apps, dan Back
Tombol Home alaxy S8
Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus ini seperti yang tadi saya utarakan tidak mempunyai tombol fisik Home yang biasanya ada pada dagu Hp, tetapi tersimpan secara virtual pada layar.

–advertisement–

Dengan penempatan ini ternyata samsung menyematkan fitur menarik, yaitu kita bisa mengatur penempatan tombol menu Home, History atau Recent Apps, dan Back. Anda juga bisa memilih untuk menampilkan atau menyembunyikannya.

Fingerprint untuk buka notifikasi
Fingerprint Gesture S8
Walaupun penempatan pemindai sidik jarinya terbilang nyeleneh, yaitu di samping kanan kamera belakang, ternyata ada fitur baru juga yang disematkan pada sensor sidik jari ini, yaitu untuk membuka notifikasi. Ketika layar tidak terkunci, tinggal anda sentuh pemindai sensor sidik jari kemudian geser ke bawah.

Mode Spilt Screen
Galaxy S8 Spilt Screen
Anda bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda ketika menggunakan hp ini, ialah fitur split screen yang memungkinkan anda untuk membuka 2 aplikasi berbeda dala satu layar. Caranya dengan : buka aplikasi, tekan dan tahan layar pada bagian kiri atas, kemudian tarik ke bawah.

Download Booster
Download Booster Galaxy S8
Fitur ini mempunyai faedah ketika Galaxy S8 anda sedang mendownload aplikasi dan file berukuran lebih dari 30MB lebih cepat dari biasanya ketika menggunakan koneksi internet kualitas LTE dan lewat Wi Fi. Hanya saja fitur ini juga bakalan mengkonsumsi jumlah data lebih dari biasanya, alias lebih besar.

Security Feature Face Recognition dan Iris scanner
Face Recognition and Iris scanner Galaxy S8
Untuk memberikan tambahan rasa aman, samsung juga menambahkan varian sensor kemanan baru, yaitu Face Recognition (pemindai wajah) dan Iris Scanner (pemindai mata) untuk membuka knci hp pintar ini.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus

Galaxy S8Galaxy S8+
HargaRp. 10.498.997Rp. 11.999.000
StatusRilis, Agustus 2017
Bodi148.9 x 68.1 x 8 mm, 155 g159.5 x 73.4 x 8.1 mm, 173 g
LayarSuper Amoled 5,2 Inci 1440 x 2960 px, 18.5:9 ratioSuper Amoled 6,2 Inci 1440 x 2960 px, 18.5:9 ratio
Kamera Utama12 MP
Kamera Depan8 MP
Penyimpanan64/128 GB
RAM4/6 GB
ProsesorExynos 8895
GPUMali-G71 MP20
OSAndroid 7.0 (Nougat)
Jaringan4G
Baterai3.000 mAh3.500 mAh
SensorIris scanner, fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2
LainnyaFront/back Corning Gorilla Glass 5, IP68 certified – dust/water proof over 1.5 meter and 30 minutes, Fast battery charging, Samsung DeX