Pantun, Sastra by Admin Hargakata

Pantun Jenaka Lucu dan Romantis

— advertisement —

Pantun ini juga ternyata mempunyai manfaat khusus di dalam dunia pendidikan, pasalnya ketika kita bermain dengan hal ini secara tidak langsung dapat mengasah daya kreativitas. Karena untuk membuat sebuah pantun dibutuhkan sebuah kejelian dan kepintaran dalam memilih kata agar bisa terangkai menjadi sebuah pantun utuh. Untaian kata-katanya bisa dibuat jadi lucu maupun berupa nasehat.

Pantun Jenaka Lucu

Bukan hanya sekedar hiburan, pantun ternyata memiliki manfaat untuk melatih pendengaran pada anak. Dengan bermain pantun anak anda bisa mengembangkan apresiasi dalam bersajak dan irama. Selain itu juga bisa mengembangkan daya ingat dan ketereampilan kognitif yg lain.

— advertisement —

Hal-hal yang berkaitan dengan pantun memang lagi naik daun sekarang ini, banyak program televisi yang menggunakannya buat lucu-lucuan dan menjadi bahan komedi untuk menaikkan rating acara, ya karena memang menghibur sekali. Kita juga bisa lah buat buat status lucu facebook dengan pantun jenaka. Bukan hanya ada di pelajaran bahasa indonesia, pantun jenaka hadir juga dan banyak dipakai di acara-acara televisi.

Kalau yang ini memang lucu banget, kalau di betawi suka banget pada ngelawak pake pantun ini. Sudah pada tahu belum pantun itu apa??? aturannya dan cara penyampaiannya?? sebagian pantun biasanya dibawakan tidak serius, penyampaiannya kebanyakan berisi sebuah plesetan dan kata-kata lucu.

Pantun jenaka yang dulu kita kenal dalam pelajaran bahasa indonesia sekarang biasa dibawakan para komedian sebagai salah satu cara menghibur orang dengan kelucuannya. Pantun jenaka sendiri merupakan sebuah puisi lama di Indonesia, yang berasal dari kata patuntun dalam bahasa Minangkabau yang berarti “petuntun”.

— advertisement —

Pantun mempunyai peraturan pola penulisan akhiran dengan pola a-b-a-b dan a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b, atau a-b-b-a). Karena populernya sosial media dan teknologi selain saat ini terkadang dibawakan komedian, bisa juga sebagai status facebook lucu dan sms lucu. Langsung kita baca saja dibawah ini sebagai contoh update 2019:

Pantun Lucu Cinta Romantis

Jika mau menyapukan debu
Tolong bersihkan juga dekat pintu
Jika kamu cinta padaku
Bilang saja I love you

Walaupun hanya sebatang kayu
Tetapi sangat membantu
Walaupun jarang ketemu
Cintaku hanya untukmu

Bukan titik yang menyebabkan tinta
Tapi tinta yang menyebabkan titik
Bukan karena kamu gnteng yg menyebabkan aku cinta
Tapi karena aku cinta, kamu terlihat ganteng

— advertisement —

Paling cakep burung gelatik
Di atas awan terbang melayang
Emang banyak wanita cantik
Cuman ade yang abang sayang

Beli kain warna nya merah
Dari kediri pake nya batik
Di godain jangan marah
Salah sendiri punya wajah cantik

Pantun Nasehat Lucu

Kalau punya gigi ompong
cepat cepat ke dokter gigi
kalau jadi anak sombong
pasti nanti jadi rugi

Buah pisang buah tomat
disimpan di dalam lumbung padi
pantas tercium bau menyengat
rupanya kau yang belum mandi

Buat apa panen kelapa
kalau belum tumbuh tunas
buat apa membeli vespa
cicilan kompor juga belum lunas.

Meler-meler ingus keteter
Sampai sakit di kepala
Hati-hati sering teler
Bisa-bisa ke alam baka

Kelap-kelip lampu diskotik
Ada musik tambah asik
Gimana mau nilai apik
Makannya cuma keripik

Pergi ke Bandung naik Taksi
Naik taksi tak perlu bayar
Sampai Bandung turun taksi
Turun taksi baru bayar..kahkahkah

Malam hari gelap gulita
memakan cabe dicampur minyak
kau memang cantik, cantik jelita
sayang tertawa seperti kuntilanak.

Jalan jalan ke kota depok
Nemuin uang segepok
Ada apa dibalik tembok
Ada nenek lagi cebok

— advertisement —

Makan roti pake sambel
Makan telor pake garem
Kalo ogut lagi kesel
Mata ogut suka merem

Disana gunung, disini gunung,
Ditengah-tengah bunga melati
Saya bingung kamu pun bingung
Kenapa ada bunga melati ???!?

Pantun Jenaka Lucu

Punggur berdaun di atas kota
Jarak sejengkal dua jari
Musang rabun, helang pun buta
Baru ayam suka hati
Ketika perang di negeri Jerman
Ramai askarnya mati mengamuk
Rangup gunung dikunyah kuman
Lautan kering dihirup nyamuk

Jual betik dengan kandil
Kandil buatan orang Inggeris
Melihat buaya menyandang bedil
Lembu dan kerbau tegak berbaris
Berderak-derak sangkutan dacing
Bagaikan putus diimpit lumpang
Bergerak-gerak kumis kucing
Melihat tikus bawa senapang

Pokok pinang patanya condong
Dipukul ribut berhari-hari
Kucing berenang tikus berdayung
Ikan di laut berdiam diri
Tanam pinang di atas kubur
Tanam bayam jauh ke tepi
Walaupun musang sedang tidur
Mengira ayam di dalam mimpi

Anak bakau di rumpun salak
Patah taruknya ditimpa genta
Riuh kerbau tergelak-gelak
Melihat beruk berkaca mata

Senangis letak di timbangan
Pemulut kumbang pagi-pagi
Menangis katak di kubangan
Melihat belut terbang tinggi

Pantun Jenaka Lucu Romantis 2 Bait

Ikan lohan di atas tungku
Daripada duduk jauhan mendingan abang pangku

Kuda sembrani larinya kencang
Kalau berani ! nyatain dong sekarang

Ke salon creambath, biar aliran darah lancar
Bosen ah jadi sahabat, maunya jadi pacar!

Hari Jumat, pada pake batik
Salam hormat, buat neng cantik

Ke Pondok Indah, liat mobil balapan
Di follow udah, jadian kapan?

Related with “

Pantun Jenaka Lucu dan Romantis

30+ Kata Bijak Singkat dan Bermakna Terbaru

Kata kata bijak singkat berikut ini menjadi bahan bacaan internet lanjutan saya, setelah menulis kata bijak tentang cinta buat anda…

Kata Kata Galau Sedih Menyentuh Hati Saat Putus Cinta

Ketika galau dan sedih yang teramat mendalam terkadang kita merasa tidak karuan, menjadi tak enak untuk melakukan apa-apa, ga enak…

Kata Kata Romantis Bahasa Inggris Dan Artinya

Kata romantis salah satu  kata yang sering di gunakan dalam merajut tali asmara antara pasangan dalam mempererat hubungan dengan pasangan,…

Kumpulan Teka Teki Lucu Abis dan Jawabannya Terbaru

Kalau kita selalu bersedih dalam waktu yang lama, hal ini tidak baik untuk kesehatan, ada baiknya kita cari hiburan atau…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *