7 Manfaat Ibadah Puasa Ramadhan Untuk Kesehatan Tubuh

–advertisement–

Hal yang wajar kita rasakan bila merasakan lapar dan haus ketika menjalani ibadah puasa. Apakah puasa itu begitu menyiksa bagi anda? Bila dikerjakan dengan cara yang benar sesuai ajaran agama Islam, puasa malah dapat memberikan berbagai faedah yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Ibadah Puasa Ramadhan Untuk Kesehatan Tubuh

Untuk kaum muslim, puasa Ramadan merupakan ibadah yang wajib untuk dikerjakan. Tentang puasa sendiri, ibadah ini ternyatamempunyai segudang faedah untuk siapapun yang mencobadan melakukannya. Tidak cuma berfaedah untuk mendatangkan pahala yang banyak, puasa menjadiibadah yang dapat meningkatkan berbagai sisi kesehatan seorang.

–advertisement–

Tidak hanya sekedar rasa lapar dan haus yang kita rasakan, puasa ini sebenaranyadapat berikan beragam manfaat yang mengagumkan untuk tubuh. Sudah terbukti kalau anda bisa mendapatkan kesehatan dengan menjalankan puasa. Agar lebih semangat dalam menjalani puasa selama satu bulan penuh, yuk kita simak faedah apa saja sih yang bisa kita dapatkan selain pahala, dibawah ini :

Puasa Bermanfaat Untuk Mengurangi Berat Badan
Puasa dengan baik bisamenolong beberapa orang yang menderita kelebihan berat badan, kegemukan atau obesitas supaya terlepas dari kelebihan berat badan secara perlahan-lahan dan tidak mempunyai resiko yang mengancam kesehatan. Sebab, jumlah makanan yang dikonsumsi seseorang ketika berpuasa jadi sedikit. Dengan begitu, jumlah lemak yang mengendap didalam badan juga jadi berkurang

Puasa Bisa Menjaga Kesehatan Jantung
Puasa menjadisatu diantara cara untuk menambatkan kesehatan tanpa obat, diantaranyauntuk kurangi tekanan darah, hingga turunkan resiko aterosklerosis. Aterosklerosis Ini merupakan keadaan dimana berlangsungnya penyempitan dan pengerasan didalam pembuluh darah arteri karena pengendapan kolesterol dan beberapa zat lemak yang lain.

Jadi, sepanjang puasa hormon badan yang diantaranya adrenalin dan noradrenalin juga akan menyusut. Metabolisme juga dapat terjaga kestabilannya. Tekanan darah pun turut menyusut dan stabil. Kesehatan jantung dapatterbangun dengan baik.

Puasa Bisa Menjaga Kesehatan Otak
Saat berpuasa, badan kita juga akan menghasilkan lebih banyak hormon neurotropik. Dampaknya, beberapa sel otak akan tambah banyak di produksi hingga kemampuan otak makin bagus. Level stres juga dapat berkurang karena ada penyusutan hormon kortisol yang dibuat oleh badan.

Puasa Bermanfaat untuk kesehatan Pencernaan
Kuatkan niat puasa benar-benar untuk beribadah, jadi badan juga akan mengondisikan dirinya sendiri untuk tetap berperan dengan baik. Dibalik rasa lapar dan haus yang kita rasa seharian, sistem pencernaan tubuh malah jadi lebih sehat dan efisien.

Mengapa? Karna sistem pencernaan makanan jadi lebih stabil dan pelepasan energi juga akan ikuti pola yang semestinya. Disini, sistem pencernaan juga akan peroleh waktu untuk mengkondisikan diri jadi lebih sehatdan tingkatkan peranannya dengan tambah baik.

Puasa Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat yang satu ini memanglah mengagumkan sekali. Sepanjang berpuasa, badan akan lebih maksimal tingkatkan produksi limfosit sampai 10 kali lipat. Hal semacam ini juga akan bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan dari serangan virus dan mencegah penyerangan beragam penyakit.

Puasa Bisa Keluarkan Toksin dari Dalam Badan
Puasa adalah cara detoksifikasi alami yang dapat membersihkan toksin atau racun dari badan kita. Hingga racun dari sisa metabolisme maupun akibat dari pemakaian zat kimia pada produk makanan/kosmetik tertentu dapat di keluarkan dengan lebih maksimal sepanjang kita puasa.

Puasa Bisa Kurangi Kandungan Gula Darah
Selagi berpuasa, badan juga akan tingkatkan pemecahan glukosa supaya badan kitabisa mendapatkan energi yang diperlukan. Diluar itu, saat cadangan glukosa telah menipis, maka badan juga akan memecah lemak untuk hasilkan energi yang diperlukan. Dengan pola makan yang lebih sehat dan teratur sepanjang puasa, berat tubuh dapat lebih termonitor.

–advertisement–