Kolom Pencarian Menu Utama

Walau pun buah mengkudu memiliki rasa yang kurang sedap serta bau yang menyengat, namun buah ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Buah mengkudu yang memiliki nama latin Morinda Citrifolia. Bagi anda yang belum mengetahui manfaat yang diberikan buah ini bagi tubuh.

Manfaat Buah Mengkudu

Sekarang kita akan membahas mengenai manfaat buah mengkudu. Beberapa manfaat buah mengkudu bagi kesehatan, diantaranya yaitu:

Munurunkan tekanan daran tinggi

Bagi anda yang memiliki keluhan tekanan darah tinggi, anda dapat mencoba mengonsumsi secara rutin buah mengguku. Sebab buah mengkudu berkhasiat menurutkan tekanan darah tinggi.

Menjaga daya tahan tubuh

Buah mengkudu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Baca Juga :

Antiseptik

Terpenoid yang terkandung dalam buah mengkudu, berkhasiat untuk memulihkan sel-sel tubuh yang rusak, sehingga dapat sebagai antiseptik tubuh. Selain terpenoid, dalam buah mengkudu, juga terdapat kandungan scopetin, yang berperan sebagai anti peradangan supaya luka di tubuh tidak semakin parah. Sehingga sel-sel tubuh yang rusak dapat dengan cepat pulih kembali.

Melancarkan buang air besar dan kecil

selain dapat bermanfaat sebagai antiseptik yang dapat meredakan luka, buah mengkudu  berkhasiat pula untuk melancarkan pencernaan dan buang air kecil. Sebab mengkudu memiliki kandungan zat moridon yang dapat melancarkan pencernaan dan juga mengandung zat soranjidiol yang dapat melancarkan buang air kecil.

Mengurangi rasa sakit

Bagi anda yang sering merasakan sakit pada sendi, sakit kepala atau sakit yang lainnya. Rasa sakit tersebut dapat diredakan dengan mengonsumsi buah mengkudu, karena buah mengkudu memiliki kandungan zat analgesic sebanyak 75 persen, yang dipercaya dapat mengurangi rasa sakit.

Antikanker

Zat antikanker yang terdapat dalam buah mengkudu, berkhasiat untuk melawan berbagai sel abnormal yang dapat mengakibatkan kanker.selain zat anti kanker, mengkudu juga mengandung senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone yang dapat mencegah kerusakan DNA, sehingga sangat baik untuk menjaga sel-sel dalam tubuh.

Demam batuk dan sakit perut

Kandungan senyawa seperti antrakuinon, skopoletin dan terpana yang ada pada buah mengkudu memiliki sifat antibakteri, anti jamur dan antiparasit, sehingga buah mengkudu dapat juga dijadikan obat untuk demam, batuk dan sakit perut.

Itu lah beberapa manfaat dari buah mengkudu. Ketika kita akan mengonsumsi buah mengudu, dapat dengan cara direbus, dijus atau juga dapat dengan langsung memakannya. Walaupun rasanya yang kurang enak dan bau yang sangat menyengat, namun kita harus melihat manfaat yang akan kita dapat bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.