Apa Saja Sih Kelemahan Fitur Pendeteksi Wajah Face ID Unggulan Iphone X ?

–advertisement–

Awalnya dari Iphone 5S sampai dengan Iphone 8, Apple setia dengan fitur sensor sidik jari untuk segi keamanan hp. Namun saat ini hp terbaru mereka, yaitu Iphone X mengganti fitur tersebut dengan tekologi pendeteksi wajah Face ID yang modern.

Kelemahan Fitur Pendeteksi Wajah Face ID

Teknologi apa pun nampaknya miliki kekurangan, termasuk juga fitur Face ID yang berada di iPhone X. Teknologi sensor wajah ini adalah fitur keamanan favorit andalan hp flagship terbaru mereka. Dengan fitur ini, hp cuma dapat di buka oleh wajah yang didaftarkan.

–advertisement–

Pada fitur ini, yang menjadi kunci utamanya adalah wajah, Face ID juga digunakan untuk mengunduh aplikasi dan juga digunakan kala melakukan pembayaran pada Apple Pay.

Kelemahan Fitur Pendeteksi Wajah Face ID

Wajah kembar ?
Berbagai percobaan dilakukan untuk memastikan fitur keamanan ini punya kelemahan atau tidak, ada sebuah percobaan yang dilakukan mashable dengan mencobanya pada sepasang saudara kembar identik. Mashabele meminta salah satu dari mereka untuk mendaftarkan wajah mereka, kemudian menyuruh yang satunya lagi untuk mecoba kunci keamanan face id dengan wajahnya. Videonya bisa dilihat di bawah ini :

Tetapi hal tersebut bisa dikatakan bukan kelemahannya, karena tidak semua orang punya kembaran identik, hanya timbul pertanyaan saja bagaimana jika fitur ini di unlock oleh seseorang yang kebetulan mirip dengan kita ? 😀

Pengguna di bawah 13 tahun?
Pertanyaan berikutnya apakah bisa Face ID membedakan wajah anak dengan usia di bawah 13 tahun. Karena pada usia tersebut bentuk  wajah belum berkembang secara utuh.

Pakai topeng buat buka kunci face id ?
Face ID dapat dengan gampang ditipu dengan topeng wajah hasil cetak 3D buatan perusahaan keamanan cyber asal Vietnam, Bkav. Ini dibuktikan mereka dalam sebuah video pengujian singkat berdurasi satu setengah menit.

Terlihat hanya dalam hitungan detik, iPhone X sudah terbuka kuncinya. Durasi yang sama ketika Face ID memindai muka orang asli.

Itulah beberapa cela yang memungkinkan adanya kelemahan dari Iphone X ini, tetapi seperti yang saya katakan tadi, tak ada teknologi yang sempurna pastinya ada kelemahan. Namun menurut saya kelemahan ini tidak terlalu menghawatirkan.

–advertisement–