9 Kata Hijrah Bijak dan Tanda Seseorang Serius Ingin Berhijrah

0 Comments

Kata-kata hijrah bijak mungkin bisa menjadi motivasi untuk anda yang sedang hijrah ke jalan yang lebih baik. Hijrah artinya berpindah atau berubah. Artinya, berpindah dari hal yang awalnya jelek menuju jalan yang baik yang tentunya diridhoi Allah.

Kata Hijrah Bijak

Hijrah ini menuntut anda untuk bisa meninggalkan kondisi tidak baik yang sebelumnya anda lakukan. Hal ini bisa dari mana saja, mulai dari teman pergaulan, kebiasaan buruk, tempat tinggal, dan yang lainnya. Perubahan ke arah yang lebih baik tersebut tentu semata-mata hanya karena Allah dan anda ingin bertaubat.

Dalam berhijrah memang tidak selalu mulus dan tak ada hambatan. Malah justru sebaliknya. Namun, hal tersebut tetap bisa anda lewati jika sudah niat dari dalam hati dan selalu istiqomah.

Kata-kata hijrah bijak

“ Hijrah bukan hanya niat, namun harus dibuktikan dengan taat”.

 “ Hijrah memang berat, namun lama-lama akan terbiasa juga. Kuncinya, jangan menyerah dan tetap berpegang teguh pada Allah SWT”.

“ Berbicara tentang hijrah bukan tentang siapa yang memulainya lebih dahulu, namun ini adalah proses perjalanan hamba yang tujuannya adalah menjadi pribadi yang husnul khotimah”.

 “ Sebenarnya hijrah itu tidak susah, yang susah hanyalah cara berpikirnya saja”.

 “ Jika kau sudah berada di Jalan Allah, itu artinya kau harus segera berlari. Jika sulit, cukup berlari kecil, namun jika lelah, berjalanlah. Jika itupun tak mampu, maka merangkaklah. Namun, jangan pernah berbalik arah atau berhenti” – Imam Syafi’i.

 “ Tak peduli seberapa lambat proses anda berhijrah ini. Namun selambat-lambatnya proses hijrah, itu jauh lebih baik daripada tidak sama sekali”.

 “ Hijrah tidak akan terhenti hingga tertutupnya pintu taubat, dan pintu taubat tidak akan terhenti hingga matahari terbit dari barat” – HR. Abu Dawud

 “ Waktu tidak akan pernah kembali lagi, maka segeralah menjadi baik tanpa menunggu-nunggu”.

 “ Jadilah pribadi yang lebih baik dari dirimu yang dulu, bukan menjadi lebih baik dari orang lain”.

Tanda-tanda seorang serius dalam berhijrah

Hijrah harus dilakukan dengan niat yang tulus karena Allah agar seberat apapun proses hijrah yang dijalankan tetap bisa dilewati. Banyak orang yang mungkin mengatakan bahwa dirinya telah berhijrah, namun perbuatannya belum menampakkan hal tersebut. Berikut tanda-tanda bahwa seseorang itu serius dalam berhijrah.

Menjadi diri sendiri
Saat seseorang serius hijrah, ia adalah pribadi yang sudah berniat menjadi diri sendiri, bukan orang lain. Seperti apapun keadaannya, ia tetap ingin menjadi yang lebih baik. Tak peduli apa yang dikatakan orang lain.

Istiqamah
Istiqamah memang tidak mudah. Istiqamah adalah usaha untuk tetap di jalan Allah. Seseorang yang sudah istiqamah tentunya tidak akan goyah dengan apapun dan sedikitpun. Jika anda sudah berniat untuk hijrah, maka tetaplah istiqamah dengan kebaikan-kebaikan yang anda lakukan. Keutamaan orang yang istiqamah yaitu; dijanjikan surga, istiqamah adalah amalan yang dicintai Allah, terhindar dari rasa sedih dan khawatir, Tips untuk tetap istiqamah yaitu; luruskan niat, mulailah dari hal-hal yang kecil, namun lakukan dengan konsisten, pahami betul-betul makna syahadat.

Berkeinginan untuk memperbaiki diri
Seperti artinya bahwa hijrah adalah berpindah. Artinya berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Kesungguhan seseorang berhijrah juga bisa dilihat bagaimana ia memperbaiki dirinya sendiri. Hal ini tampak dari perbuatan-perbuatannya yang lebih baik dari sebelumnya.  

Itulah beberapa tanda seseorang yang serius hijrah di Jalan Allah. Yang terpenting adalah kita harus saling mendukung dan mendoakan seseorang yang berniat ingin hijrah. Kata-kata hijrah bijak mungkin bisa menjadi motivasi untuk kita lontarkan teman atau keluarga yang ingin hijrah menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *