22 Kata Kata Hijrah Istiqomah Islami

0 Comments

Kata kata hijrah bijak mungkin bisa menjadi motivasi untuk anda yang sedang hijrah ke jalan yang lebih baik. Hijrah artinya berpindah atau berubah. Artinya, berpindah dari hal yang awalnya jelek menuju jalan yang baik yang tentunya diridhoi Allah.

Kata Hijrah Bijak

Hijrah ini menuntut anda untuk bisa meninggalkan kondisi tidak baik yang sebelumnya anda lakukan. Hal ini bisa dari mana saja, mulai dari teman pergaulan, kebiasaan buruk, tempat tinggal, dan yang lainnya. Perubahan ke arah yang lebih baik tersebut tentu semata-mata hanya karena Allah dan anda ingin bertaubat.

Hijrah harus dilakukan dengan niat yang tulus karena Allah agar seberat apapun proses hijrah yang dijalankan tetap bisa dilewati. Banyak orang yang mungkin mengatakan bahwa dirinya telah berhijrah, namun perbuatannya belum menampakkan hal tersebut.

Dalam berhijrah memang tidak selalu mulus dan tak ada hambatan. Malah justru sebaliknya. Namun, hal tersebut tetap bisa anda lewati jika sudah niat dari dalam hati dan selalu istiqomah. Berikut ini adalah motivasi-motivasi untuk anda yang berniat berhijrah ke jalan yang benar :

Kata Kata Hijrah Tentang Perubahan

 “ Waktu tidak akan pernah kembali lagi, maka segeralah menjadi baik tanpa menunggu-nunggu”.

“ Berbicara tentang hijrah bukan tentang siapa yang memulainya lebih dahulu, namun ini adalah proses perjalanan hamba yang tujuannya adalah menjadi pribadi yang husnul khotimah”

“Meluruskan niat adalah pondasi awal agar konsisten memperbaiki diri”

“Seseorang dapat mengubah masa depannya hanya dengan mengubah sikapnya”

“Berhijrah itu meninggalkan perkara – perkara buruk di masa lalu, dan mulai membuka awalan baru untuk semakin dekat dengan Allah”

Kata Kata Membuat Hijrah

 “ Sebenarnya hijrah itu tidak susah, yang susah hanyalah cara berpikirnya saja”.

“Sekelam apa pun masa lalumu, pintu ampunan-Nya selalu terbuka lebar”

Semua orang berpikir untuk mengubah dunia, tetapi sedikit yang berpikir untuk mengubah dirinya sendiri.

“Hijrah memang berat, namun Dia akan selalu memberikanmu petunjuk terbaik”

 “ Tak peduli seberapa lambat proses anda berhijrah ini. Namun selambat-lambatnya proses hijrah, itu jauh lebih baik daripada tidak sama sekali”

“Sebesar-besarnya dosa adalah berputus asa dari kasih sayang Allah yang Maha Pengampun”

 “ Jadilah pribadi yang lebih baik dari dirimu yang dulu, bukan menjadi lebih baik dari orang lain”

Baca Juga : Kata Kata Tentang Secangkir Kopi

Ayat Alquran Tentang Hijrah

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berhijrah di jalan Allah, mereka itu mengharpakn rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”(Qs. Al-Baqarah 2:218).

“Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad pada jalan Allah, dan orang-orang yang memberi tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada orang-orang mujairin), mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka memperoleh ampunan dan rezki (ni;mat) yang mulia. (Qs. Al-An’fal, 8:74)

“Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan” (Qs. At-Taubah, 9:20)

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar Ra’d: 11)

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Az Zumar: 53).

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” (QS. Ali Imran: 133)

Pada ayat-ayat di atas, terdapat esensi kandungan:

  1. Bahwa hijrah harus dilakuakn atas dasar niat karena Allah dan tujuan mengarah rahamt dan
    keridhaan Allah.
  2. Bahwa orang-oerang beriman yang berhijrah dan berjihad dengan motivasi karena Allah dan tujuan
    untuk meraih rahmat dan keridhaan Allah, mereka itulah adalah mu’min sejati yang akan memperoleh
    pengampunan Allah, memperoleh keebrkahan rizki (ni’mat) yang mulai, dan kemenangan di sisi Allah.
  3. Bahwa hijrah dan jihad dapat dilakukan dengan mengorbankan apa yang kita miliki, termasuk harta
    benda, bahkan jiwa.
  4. Ketiga ayat tersebut menyebut tiga prinsip hidup, yaitu iman, hijrah dan jihad. Iman bermakna
    keyakinan, hijtah bermakna perubahan dan jihad bermakna perjuangan dalam menegakkan risalah Allah.

Hadist Tentang Hijrah

 “ Jika kau sudah berada di Jalan Allah, itu artinya kau harus segera berlari. Jika sulit, cukup berlari kecil, namun jika lelah, berjalanlah. Jika itupun tak mampu, maka merangkaklah. Namun, jangan pernah berbalik arah atau berhenti”Imam Syafi’i.

“Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan; barangsiapa niat hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya adalah kepada Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa dia diniatkan.”. (HR.Bukhari : 52)

“Setiap manusia pernah berbuat salah. Namun yang paling baik dari yang berbuat salah adalah yang mau bertaubat.” (HR. Tirmidzi no. 2499; Ibnu Majah, no. 4251; Ahmad, 3: 198. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

 “ Hijrah tidak akan terhenti hingga tertutupnya pintu taubat, dan pintu taubat tidak akan terhenti hingga matahari terbit dari barat” HR. Abu Dawud

Tanda-tanda seorang serius dalam berhijrah

Menjadi diri sendiri
Saat seseorang serius hijrah, ia adalah pribadi yang sudah berniat menjadi diri sendiri, bukan orang lain. Seperti apapun keadaannya, ia tetap ingin menjadi yang lebih baik. Tak peduli apa yang dikatakan orang lain.

Istiqamah
Istiqamah memang tidak mudah. Istiqamah adalah usaha untuk tetap di jalan Allah. Seseorang yang sudah istiqamah tentunya tidak akan goyah dengan apapun dan sedikitpun. Jika anda sudah berniat untuk hijrah, maka tetaplah istiqamah dengan kebaikan-kebaikan yang anda lakukan. Keutamaan orang yang istiqamah yaitu; dijanjikan surga, istiqamah adalah amalan yang dicintai Allah, terhindar dari rasa sedih dan khawatir, Tips untuk tetap istiqamah yaitu; luruskan niat, mulailah dari hal-hal yang kecil, namun lakukan dengan konsisten, pahami betul-betul makna syahadat.

Berkeinginan untuk memperbaiki diri
Seperti artinya bahwa hijrah adalah berpindah. Artinya berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Kesungguhan seseorang berhijrah juga bisa dilihat bagaimana ia memperbaiki dirinya sendiri. Hal ini tampak dari perbuatan-perbuatannya yang lebih baik dari sebelumnya.  

Itulah beberapa tanda seseorang yang serius hijrah di Jalan Allah. Yang terpenting adalah kita harus saling mendukung dan mendoakan seseorang yang berniat ingin hijrah. Kata-kata hijrah bijak mungkin bisa menjadi motivasi untuk kita lontarkan teman atau keluarga yang ingin hijrah menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *