Contoh Daftar Riwayat Hidup

0 Comments

Contoh Daftar riwayat hidup atau sering juga disebut Curriculum Vitae (CV) merupakan dokumen yang berisi identitas kita mulai dari informasi sekolah, informasi pekerjaan, kemampuan dan kegiatan organisasi yang pernah di ikuti. DRH adalah dokumen yang biasa dibawa saat melamar kerja. Selain daftar riwayat hidup biasanya pelamar juga membawa surat lamaran kerja dan berkas-berkas dokumen lainnya yang akan dilampirkan.

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Dalam menulis cv lamaran kerja pastinya kita harus menulis identitas kita dengan baik dan benar. Di intnet terdapat banyak sekali contoh cv kerja yang bisa anda jadikan acuan membuat daftar riwayat hidup. Bagi sahabat yang akan melamar kerja berikut kami informasikan mengenai contoh lamaran kerja yang baik dan benar, yang bisa langsung anda isi dan edit kembali pada aplikasi Microsoft Word.

Daftar riwayat hidup biasanya diketik pada kertas berukuran A4 atau F4 menggunakan ukuran dan jenis huruf yang formal. Informasi yang tertulis dalam cv merupakan informasi sebenarnya tentang diri anda. Daftar riwayat hidup juga biasa ditulis menggunakan bahasa Indonesia atau menggunakan bahasa Inggris. Contoh CV Bahasa Inggris pun dapat anda temukan dengan mudah di internet.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika anda membuat daftar riwayat hidup, diantaranya adalah kerapihan ketikan dan informasi yang akurat dan tidak mengada-ada. Faktor penunjang keberhasilan diterima kerja juga ikut dipengaruhi oleh kerapihan dan ketepatan menulis surat lamaran kerja.

Langsung saja, berikut contoh daftar riwayat hidup yang dapat anda download secara gratis dan edit kembali untuk diisi sesuai identitas anda.

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup

Ketika mengajukan surat lamaran kerja, Daftar Riwayat Hidup atau CV ini sangatlah penting untuk kita lampirkan. Lampiran ini akan memberikan informasi yang dibutuhkan perusahaan untuk menunjang kualifikasi yang dibutuhkan. Maka dari itu cara penyampaian CV juga akan menjadi salah satu penilaian dari segi penyampaian informasi, bahkan kreatifitas anda juga bisa dinilai.

Agar CV ini dibuat dengan baik dan benar, ada baiknya anda menyimak beberapa aturan membuat daftar riwayat hidup dibawah ini :

Identitas Diri
Hampir sama dengan data yang ada pada KTP, anda bisa cantumkan identitas diri secara lengkap. Mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, TInggi, berat badan,  No. Hp, alamat email, Jenis Kelamin, dan Status. Data pribadi ini sangat penting karena pihak perusahaan bisa mengenal Anda melalui identitas diri tersebut.

Riwayat Pendidikan
Anda harus mencantumkan pendidikan yang telah Anda tempuh, baik formal maupun non formal yang memang pernah Anda ikuti. Apabila anda pernah menempuh pendidikan nonformal seperti les komputer dan lainnya, anda bisa pisahkan pada bagian riwayat pendidikan setelah sekolah/kuliah (formal). Cantumkan secara lengkap  mulai dari tahun masuk hingga tahun lulus.

Kemampuan
Anda harus menguraikan kemampuan yang Anda miliki sesingkat mungkin. Contohnya bahasa yang dikuasai, pemrograman, dan lainnya. Cantumkan kemampuan yang memang relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Tidak perlu menuliskan semua kemampuan di dalam diri Anda.

Pengalaman Kerja
Di dalam CV, Anda juga harus menuliskan pengalaman kerja. Dari pengalaman inilah, perusahaan akan memberikan penilaian khusus kepada Anda. Tentunya pengalaman anda akan lebih dihargai ketimbang fresh graduated.

Pengalaman atau Prestasi
Jika Anda memiliki pengalaman atau prestasi tertentu yang berkaitan dengan loker, anda bisa mencantumkannya dalam CV. Tapi ingat, haruslah berkaitan. Contohnya anda pernah menjadi Ketua RW dan anda cantumkan untuk loker di Dinas Sosial. Kemudian contoh lainnya anda pernah menjadi juara membuat aplikasi atau pemrograman, maka loker yang berkaitan tentunya minimal harus di bidang komputer.

Pengalaman Organisasi (Jika Ada)
Jika Anda memiliki pengalaman organisasi, maka bisa dituliskan di dalam CV. Tulislah dengan singkat padat dan jelas. Karena di dalam sebuah perusahaan kita dituntut untuk saling bekerja sama dan punya tanggung jawab masing-masing.

Referensi Kerja (Jika Ada)
Jika memang memungkinkan, Anda bisa mencantumkan referensi Kerja. Referensi Kerja adalah orang yang bisa dihubungi oleh pihak perusahaan yang akan menyeleksi lamaran kerja Anda.

Contoh Teks Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Data Pribadi

  • Nama Lengkap : Tika Cantika
  • Tempat, Tanggal Lahir : Ciamis, 06 Juni 1991
  • Jenis Kelamin : Laki-Laki
  • Kewarganegaraan : Indonesia
  • Agama : Islam
  • Status : Menikah
  • Tinggi : 162CM
  • Alamat : Dsn. Pari RT/RW 04/03 Desa Linggapura Kec.Kawali Kab. Ciamis
  • No. Telpon : 085-000-000-000
  • Email : tikacantika777@gmail.com

Pendidikan Formal

  1. SD Negeri 5 Kawali Tahun 1997 – 2003
  2. SMP Negeri 1 Kawali Tahun 2003 – 2006
  3. SMK Negeri 1 Kawali
    Teknik Komputer Jaringan Tahun 2006 – 2009
  4. Universitas Siliwangi Tasikmalaya
    Teknik Informatika Tahun 2010 – 2015

Pendidikan Non Formal

  1. Les Komputer Jaringan LPK Jayaraya
  2. Les Web Developer LPK Jayaraya

Kemampuan

  1. Web Programming
  2. Web Design
  3. Menguasi Aplikasi MS Office

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Ciamis, 17 Juni 2019

Tika Cantika

Download Contoh daftar Riwayat Hidup DOC disini
Download Contoh daftar Riwayat Hidup Pdf disini

Contoh daftar riwayat hidup bagi yang belum pernah bekerja Fresh Graduated

Untuk anda yang belum pernah bekerja atau juga seorang fresh graduated bisa mencoba penulisan format daftar riwayat hidup dibawah ini :
[embeddoc url=”https://www.hargakata.com/wp-content/uploads/2018/12/Contoh-daftar-riwayat-hidup-bagi-yang-belum-pernah-bekerja-Fresh-Graduated.docx” download=”all” viewer=”microsoft”]

Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan benar

Berikut ini adalah contoh CV yang menarik, sederhana, dan lengkap jadi bisa anda kurangi bahkan juga bisa ditambahkan :

[embeddoc url=”https://www.hargakata.com/wp-content/uploads/2018/12/Contoh-Daftar-Riwayat-Hidup-yang-Baik-dan-benar.docx” download=”all” viewer=”microsoft”]

Contoh Teks CV Menggunakan Bahasa Inggris

Curriculum Vitae

PERSONAL DETAILS

  • Name : An’nisa Khairani Haningsih
  • Place and Date of Birth : Surakarta, 19th December 1989
  • Gender : Female
  • Address : Jln. Pagantungan No 20
  • Marital Status : Single
  • Telephone Number : 085222444555
  • Email : anisa76@gmail.com

EDUCATION

  • 2012 : Bachelor Degree of Economic at Universitas
    Sebelas Maret
    Major : Management
    GPA : 3.19
  • 2007 : Finished Senior Highschool (SMAN 1 Surakarta)
  • 2004 : Finished Junior Highschool (SLTPN 9 Surakarta)
  • 2001 : Finished School (SD Ta’mirul Islam Surakarta)

OTHER SKILLS

  • Microsoft Office
  • Internet Literacy
  • Active English with TOEFL ITP Score : 553

WORKING EXPIRIENCE

  • 2011 : English Teacher At Al Mutaqin School
  • 2007-2010 : Secretary at PT. Djarum

ORGANISATIONAL EXPIRIENCE

  • 2010 : Producer of PENTAS PANAS Teater Gadhang FE UNS
  • 2009-2010 : Secretary of PENTAS PANAS Teater Gadhang FE UNS
  • 2008 – 2010 : Tutor Of Nusa Indah Literacy Learning Group

Download Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris

[embeddoc url=”https://www.hargakata.com/wp-content/uploads/2018/12/Download-Daftar-Riwayat-Hidup-Bahasa-Inggris.docx” download=”all” viewer=”microsoft”]

Koleksi Contoh Desain CV Menarik dan Kreatif

Contoh CV #1

Contoh CV 1

Contoh CV #2

Contoh CV 2

Contoh CV #3

Contoh CV 3

Contoh CV #4

Contoh CV 4

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan anda dapat segera diterima kerja di perusahaan yang sedang anda lamar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *