by Admin Hargakata

Cara menulis surat al quran di Microsoft office word

— advertisement —

Bagaimana cara menambahkan huruf arab dri surat ataupun ayat al quran di Microsoft office word agar bisa di print? adalah pertanyaan yang mendasar dalam pengetikan. Jika anda seorang yang membutuhkan cara untuk menulis surat atau ayat alquran di MS word 2010, Ataupun jika anda seorang guru yang kesulitan untuk membuat Presentasi dari ayat-ayat alquran yang dibutuhkan. Caranya yaitu kita akan gunakan fasilitas Add-ins dalam microsoft office word, yang saya gunakan adalah MS word 2010 tapi tidak akan jauh beda dengan Office word 2007. Banyak kegunaan yang saya rasakan dari add ins ini yang bisa anda maksimalkan untuk menyelesaikan kebutuhan anda. sebagian kegunaannya adalah sebagai berikut:

  • Terdapat menu Arabic dai semua surat dan ayat yang ada dalam alquran yang bisa anda tuangkan kedalam lembar kerja Office Word.
  • Mempunyai menu terjemahan ayat-ayat alquran dalam bahasa Indonesia.
  • Menu untuk menampilkan hanya Arab dari sebuah surat ataupun ayat ataupun lengkap dengan terjemahannya.
  • Add in ini menyediakan fasilitas pilihan untuk print akan menggunakan font standar atau unicode, dll.

Untuk menuju tahap berikutnya dari  Cara menulis surat alquran di Microsoft office word, terlebih dahulu anda download Plugin yang dibuat oleh M.Taufik dari Depok, Indonesia. ada banyak bahasa terjemahan yang bisa anda pilih pada link download dibawah ini:

Jika sudah di download kita masuk ke tahap install : 1. Buka file Rar yang telah di download kemudian extract file nya. 2. Instal Plugin, dan tenang saja karena pemasangannya cukup simpel.

— advertisement —

3. Jika sudah di Install Buka MS Word nya  pilih tab Add-Ins. bisa kamu lihat pada gambar dibawah ini :
887af-addins-alquran
4. Contoh kita pilih Get Arabic+Translation untuk menampilkan Arab dan Terjemahan dari Surat Al-fatihah ayat 1-7, Lihat gambar dibawah ini:
pilih-ayat-alquran
5. Silahkan coba pemilihan menu seperti gambar diatas lalu OK, dan Hasilnya seperti gambar dibawah ini pada lembar kerja MS Word:
hasil-addins-alquran

Related with “

Cara menulis surat al quran di Microsoft office word

Cara Memberi Password Pada File Microsoft Word Saat Dibuka

Dengan memberi password pada dokumen ms word setidaknya kita sudah melakukan antisipasi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi pada…

Cara Mengatur Waktu Penyimpanan Otomatis atau Auto Save MS Word

Microsoft word secara otomatis akan menyimpan pekerjaan kita (dokumen yang sudah kita beri nama dan disimpan) secara berkala setiap 10…

Cara menampilkan penggaris atau ruler di Ms Word 2010

Cara ┬ámenampilkan penggaris atau ruler di Microsoft Word 2010 yang terletak di bagian atas atau samping kiri dokumen Microsoft Word…

Cara agar warna kode Syntax program ada pada microsoft office word

Mempertahankan Warna Syntax dari notepad++ di Ms Word-Buat teman-teman yang sedang melaksanakan perkuliahan atau yang sedang membuat Laporan Praktikum beberapa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *