Kolom Pencarian Menu Utama

Ketika kita menjadi seorang pegawai desa, masalah umum yang sering kita hadapi adalah tetntang kependudukan. Salah satu contoh data yang kita perlu klasifikasikan adalah data Kepala Keluarga. Biasanya sih ada pertanyaan-pertanyaan mengenai jumlah Kepala Keluarga dalam satu desa bahkan bisa saja Jumlah Per RT, RW, dan Dusun.

Bagaimana cara menghitung jumlah kepala keluarga ini ? apakah dengan menghitungnya satu-satu? sudah pasti ribet banget kan. Solusinya kita gunakan Microsoft Excel, asalkan kita punya data penduduk dalam format exel. Yuk kita praktekan saja di bawah ini :

Cara Menghitung Jumlah Kepala Keluarga

1. Yang kita butuhkan adalah adanya kolom Status Hubungan dalam Keluarga (SHDK), nantinya kita akan hitung berdasarkan statusnya, menggunakan rumus SUMPRODUCT. Rumus ini berguna untuk mendapatkan jumlah dari hasil perkalian antara baris-baris data yang bersesuaian pada beberapa Array atau sekumpulan data.

2. Contoh untuk tabel prakteknya bisa dilihat dibawah ini :

TABEL PENDUDUK

3. Gunakan rumus :

=SUMPRODUCT((E2:E21=”Kepala Keluarga”)*1)

tabel penduduk jumlah kepala keluarga

4. E2:E21 adalah kolom dan baris yang berisi data Status Hubungan Dalam Keluarga (SHDK). Hasilnya akan tampil jumlah kepala keluarga sebanyak 7 orang.

jumlah kepala keluarga

Cara Menghitung Jumlah Kepala Keluarga Berdasarkan Jenis Kelamin

Untuk menghitung jumlah kepala keluarga berdasarkan jenis kelamin Laki-laki dan Perempuan, anda juga bisa menggunakan rumus SUMPRODUCT, yaitu :

Untuk Kepala Keluarga Laki-laki

=SUMPRODUCT((E2:E21=”Kepala Keluarga”)*(F2:F21=”Laki-laki”))

Untuk Kepala Keluarga Perempuan

=SUMPRODUCT((E2:E21=”Kepala Keluarga”)*(F2:F21=”Perempuan”))

tabel penduduk jumlah kepala keluarga laki-laki

Hasilnya seperti ini :

Jumlah Penduduk Berdasarkan Jenis Kelamin

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *