Cara Mengganti link http gambar WordPress menjadi https Setelah Memasang SSL

–advertisement–

Memasang sertifikat SSL atau lebih familiarnya mengganti alamat web dari http menjadi https bisa menambah tingkat keamanan situs yang anda miliki, tetapi setelah melakukan perubahan ini sertifikat SSl pada browser akan memberi peringatan bahwa link gambar yang anda miliki tidak “secure”. Maka dari itu saya akan membagikan Cara Mengganti link http gambar WordPress menjadi https untuk mengatasi hal tersebut.

Mengganti Link Gambar dari http menjadi https pada WordPress

Error ini terjadi karena  link gambar wordpress masih http belum diganti menjadi https. Masalah seperti ini sempat saya alami ketika memasang SSl gratis yaitu Let’s Encrypt dari hawkhost.

–advertisement–

Bukan hanya gambar saja, beberapa elemen pada website akan mengalami kerusakan, hal tersebut juga sama-sama karena ada beberapa media yang belum menggunakan url https.

Solusinya berarti anda harus mengubah semua link gambar dan elemen lainnya yang tadinya http menjadi https. Pastinya akan merepotkan kalau harus mengganti data di database wordpress secara manual, bisa sakit mata dan tangan pegal.

Bisa saja menggunakan plugin yang beredar di internet, namun terkadang anda bisa mendapatkan plugin yang salah dan menimbulkan permasalahan lain.

Cara Mengganti link http gambar WordPress menjadi https Melalui Sql

Sebelum melakukan perubahan ini ada baiknya anda back up terlebih dahulu sql wordpress anda agar terhidar dari kesalahan-kesalahan yang tidak disengaja, kemudian menimbulkan kerusakan yang tidak di inginkan.

  • Yang perlu anda lakukan sekarang tentu saja masuk ke Cpanel → phpMyAdmin → pilih Nama Database
  • Jika ingin melakukan back up silahkan pilih Export → GO
  • Kalau mau langsung replace http ke https pilih tab menu SQL → Masukkan Query di bawah ini :

UPDATE wp_465posts SET `post_content` = REPLACE (`post_content`, ‘src=”http://www.your-site.com’, ‘src=”https://www.your-site.com’);

Mengganti Link Gambar 2

  • Ganti angka 465 pada kode wp_465posts sesuai dengan ID struktur database yang anda miliki
  • Kemudian ganti www.your-site.com dengan url situs yang anda punya → pilih GO

Mengganti Link Gambar 3

  • Selesai

Mengganti Link Gambar 4

Semoga bermanfaat

–advertisement–