Cara Mengganti Format Penyimpanan File MS Word Secara Default

–advertisement–

Kita dapat mengatur format default dari file ms word yang akan kita simpan, anda bisa menyimpan file dengan format ekstensi .docx yang hanya bisa dibuka dengan menggunakan versi word 2007 atau word 2010, atau ekstensi lain yang mendukung versi-versi sebelumnya atau sesudahnya.

Selalu ada masalah seperti kita akan melakukan print dokumen di percetakan, namun dokumen tersebut tidak bisa dibukan, atau teks didalamnya jadi kacau karena versi MS Word didalam komputer tersebut tidak bisa membuka dokumen berformat docx.

Nah, untuk itu kita bisa menyiasatinya dengan cara menyimpannya ke dalam versi sebelumnya secara default, yaitu sebagai berikut ini :

–advertisement–

1. Pada MS Word Versi 2010/2013, klik tab File → Options
Pada Word versi 2007, klik logo Office → Word Options

FIle Ms Word - Mengganti Format Penyimpanan File

2. Pada kotak dialog yang muncul, pilih menu Save

Word Options Save - Mengganti Format Penyimpanan File MS Word

3. Pada bagian bawah Save Documents gantilah format penyimpanan pada opsi save files in this format, misalnya word 97-2003 Document (*.doc)

–advertisement–

Save this format Mengganti Format Penyimpanan File MS Word

4. Setelah itu, tekan OK
Sekarang, setiap kali melakukan penyimpanan dokumen, secara otomatis akan disimpan ke dalam format word 97-2003 Document (*.doc)

Contoh simpan otomatis dokumen default

Tutorial ini bisa anda gunakan sesuai kebutuhan pekerjaan anda sehari-hari, bisa saja dokumen yang anda buat hasilnya harus dalam bentuk file PDF.