7 Cara yang Perlu dilakukan untuk Mengatasi Hp Kena Air Agar Tidak Rusak

–advertisement–

Saat ini pabrikan-pabrikan smartphone menciptkana berbagai tipe hp anti air, walaupun tidak terlalu banyak yang mempunyai sertifikat water resistant, tetapi sudah ada hp dengan harga kelas atas yang bisa anda pilih. Rasanya sayang sekali jika hp mahal dengan spek yang tinggi masih bermusuhan dengan air.

Mengatasi Hp Kena Air Agar Tidak Rusak

Karena kebanyakan yang masih tidak tahan air, anda perlu berhati-hati dan melakukan berbagau cara agar smartphone yang anda punya terhindar dai tetesan air, apalagi sampai nyemplung di air. Kadang-kadang kalau lagi apes bisa tetap saja semua usaha tersebut gagal.

–advertisement–

Saat hal tersebut terjadi, yang ada di pikiran anda pastinya membayangkan harus mengganti dengan hp yang baru, karena tidak tahu cara memperbaiki hp yang terkena air. Kebanyakan hp yang sudah kemasukan air menjadi matot alias mati total.

hal yang harus dilakukan ketkia hp masuk kedalam atau terkena air ?
Tetapi anda tak usah khawatir, hp anda masih bisa diselamatkan dengan cara-cara berikut ini :

  1. Untuk menghindari resiko kerusakan yang lebih parah lagi segera matikan hp anda.
  2. Lepas casing sampai dengan kartu SIM dan memori.
  3. Lepaskan baterai, jika jenis hp kamu menggunakan jenis non removable lebih baik baterai dibuka oleh orang yang lebih ahli agar terhindar dari kerusakan lain yang tidak diinginkan.
  4. Keringkan bagian dalam hp dan baterai dengan kain halus, contohnya menggunakan tisu.
  5. Agar lebih cepat kering anda juga bisa menggunakan bantuan alat lain seperti vacuum cleaner atau penyedot debu, lakukan dengan hati-hati jangan samapai merusak komponen lain
  6. Seanjutnya adalah dengan cara merendam smartphone di dalam tumpukan beras. Apakah benar cara ini bisa dilakukan? menurut penelitian, ternyata beras dikena baik mampu menyerap kelembaban dan kandungan air yang tersisa di dalam hp.
  7. Tunggu beberapa hari minimal selama 2 hari, setelah itu anda dapat mencoba menyalakan kembali hp dan coba untuk mengisi dya baterainya

Hal yang tidak dibolehkan ketika hp masuk kedalam air ?

  1. Jangan pernah mencoba mengisi daya baterai ketika kejadian ini terjadi, karena seperi yang kita tahu barang elektronik sangat bermusuhan dengan air.
  2. Jangan menekan tombol fisik yang ada di hp anda
  3. Jangan mengerak-gerakan hp, agar air yang ada didalamnya tidak mengalir kemana-mana.

Itulah cara mengatasi hp terkena air yang bisa anda coba usahakan agar terhindari dari kerusakan, akan lebih baik lagi jika ditangani ole service center.

–advertisement–