Cara Membuat Shortcut sendiri pada MS Office Word

–advertisement–

Bekerja dengan shortcut dapat membantu mempercepat pekerjaan kita. Dengan hanya menekan tombol tertentu pada keyboard, perintah dapat dimunculkan dengan cepat tanpa harus mencari-cari terlebih dahulu di mana letaknya.

Cara Membuat Shortcut sendiri pada MS Office Word

Shortcut secara default sudah tersedia pada beberapa perintah tertentu. Namun, meski begitu, Anda pun masih diperbolehkan untuk membuat sendiri atau mengganti shortcut yang sudah ada tersebut. Contohnya shortcut default yang bisa kita gunakan adalah menekan tombol CRL+O untuk FileOpen (lihat gambar pada langkah no.3).

–advertisement–

Misalkan saja kita ingin membuka lembar kerja baru dengan menekan tombol CTRL+K untuk perintah new. Hal ini bisa kita lakukan dengan cara dibawah ini:

1. Klik tab FileOptions.

2. Pada kotak dialog yang muncul pilih menu Customize Ribbon → Customize…

Cara Membuat Shortcut sendiri pada MS Office Word

3. Akan muncul kotak dialog Customize Keyboard. Perlu diketahui, untuk perintah tertentu yang sudah memiliki shortcut akan diperlihatkan pada bagian kolom Current keys, seperti gambar dibawah ini.
Contoh Tombol Shortcut default yang bisa kita gunakan
4. Tentukan kategori yang diinginkan pada bagian Categories, dilanjutkan dengan memilih perintah yang diinginkan pada bagian Commands. Sebagai contoh, kita pilih Categories : File Tab dan Commands : File New.

–advertisement–

5. Masukkan shortcut yang dikehendaki pada kolom Press new shortcut key. Misalnya, kita akan memakai shortcut CTRL+K, caranya adalah masukkan kursor pada kolom tersebut lalu tekan tombol CTRL dan tombol K secara bersamaan pada keyboard.

6. Jika sudah tekan Assign → Close.
Berhasil menambahkan shortcut
7. Terakhir tekan OK.