Kolom Pencarian Menu Utama

Data Penduduk adalah modal utama dalam pengelolaan aplikasi Opensid. Data awal penduduk sangat penting sekali, kualitas data yang terinput pada aplikasi ini juga harus berkualitas. Mengimport data penduduk harus di utamakan setelah proses install dan Setting Info Desa.

Bisa saja kita melakukan input data penduduk secara manual satu-persatu, namun tentunya cara ini sangatlah tidak efektif. Kita bisa mengimport data penduduk yang berasal dari Disdukcapil dengan format file excel.

Pada aplikasi Opensid menyediakan format import data penduduk dalam bentuk excel, dengan beberapa peraturan. Contoh aturan tersebut seperti Data jenis kelamin laki-laki di isi dengan kode 1 dan kelamin Perempuan di isi dengan Kode 2.

Aturan-aturan tersebut sudah tercantum pada contoh format file excel, nah selengkapnya kita praktekan saja langsung di bawah ini :

  • Login Admin → KependudukanPendudukImpor/Ekspor Data Penduduk
menu penduduk opensid
  • Pilih Impor PendudukContoh Data Penduduk Ekspor dan Aturan dan Contoh Format Data
  • Jika Contoh File Excel Impor data_penduduk.xlsx dan FormatImporExcel.xlxs sudah terdownload, langsung buka saja file excel tersebut.

Hapus data bawaan yang ada pada file data_penduduk.xlsx dan sisakan nama Header nya saja.

Delete Cell

Sekarang buka juga file Data BIK format excel yang biasanya diberikan Disdukcapil. Kemudian Copy Paste data tersebut sesuai dengan judul header yang ada pada file data_penduduk.xlsx seperti Nama, NIK, Dusun, RT, RW, Kelamin, dll.

Jika sudah sekarang ganti isian Jenis Kelamin, Agama, Pendidikan KK, Pekerjaan, Status, KK Level (SHDK), Warganegara, Golongan Darah dengan kode sesuai dengan aturan format impor penduduk yang ada pada file FormatImporExcel.xlxs tab Kode Data. Contohnya Jenis Kelamin Laki-laki di ganti dengan Kode 1 dan Perempuan dengan Kode 2.

Kode Data Impor Penduduk Opensid

Jika data yang di olah pada file sudah sesuai dengan aturan kode Data FormatImporExcel.xlxs. Kemudian untuk Kode hasil Status Dasar semua di isi semua dengan kode 1.

  • Sekarang kembali ke kode → KependudukanPendudukImpor/Ekspor Data Penduduk
  • Klik tombol Browse dan pilih file data_penduduk.xlsx yang tadi sudah kita isi datanya sesuai dengan BIK Disdukcapil.
  • Ceklis Kosongkan data penduduk
  • Kemudian klik tombol Impor Data Penduduk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *