Pengalaman dan Cara Tutup Polis Asuransi Prudential

Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas mengenai apa itu prudential dan kelebihan apa yang ditawarkannya. Hanya ingin berbagai pengalaman untuk menutup polis saja. Setelah 3 tahun mengikuti asuransi prudential pada akhirnya sampai pada titik harus memutuskan untuk berhenti program asuransi kesehatan ini. Alasannya sih masih tentang masalah klasik berkaitan dengan finansial keluarga.

Kalau dulu memang daftar lagi kuliah sama ortu, soalnya dulu sempat sakit dan harus dirawat selama 7 hari di rumah sakit, mungkin karena itu ortu mau daftarin agar nanti apabila sakit punya asuransi kesehatan. Karena punya penghasilan sendiri ya saya saja yang bayar sendiri iuran tiap bulannya, yaitu Rp.350.000. Sampai kahirnya menikah dan punya anak, pada saat ini memang keuangan sedikit memburuk, karena hal itulah saya memutuskan berhenti saja dulu.

Pertama saya konsultasi dahulu dengan agen prudential, awalnya ia mengatakan jangan dahulu berhenti, lebih baik nanti setelah 10 tahun saja agar uang tutup polis yang saya dapatkan lebih besar, kalau untuk 3 tahun ini bisa jadi kurang dari setengah biaya selama ini saya setorkan.

Karena memang hal ini sudah saya perkirakan, ditambah sudah baca-baca pengalaman orang lain, tekad saya sudah bulat untuk berhenti/tutup polis. Kemudian agen saya mengatakan akan mengirim email kepada kantor pusat melalui kantor cabang di kota saya mendaftar agar CS di kantor pusat menelpon saya.

Sarat yang dibutuhkan untuk tutup polis prudential 

  1. Buku polis asli
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi buku rekening, dan
  4. Formulir penutupan polis (surrender), cara mendapatkannya akan saya bahas di bawah.

CS ini nantinya akan mengirim Surat Surrender untuk pengajuan Tutup Polis. Setelah 2 hari menunggu tidak ada telpon kunjung datang, langsung saja saya ke kantor cabang dan bertanya-tanya cara menghubungi Cutomer Service pusat.

Cara Menghubungi Custumer Service kantor pusat Prudential

Pihak kantor cabang memberikan No Line CS yaitu 11548 cuma kalau menelpon melalui no tersebut bakalan menyedot pulsa anda cukup banyak, soalnya saya tidak punya telepon rumah. Agar anda bisa daftar paket telpon rumah bisa menghubungi CS melalui cara ini :

  1. Jika sudah daftar paket telpon gratis langsung saja Hubungi 021 299 587 87
  2. Kemudian pakai Fast Dial/atau masukkan no melalui layar Hp anda : 13342

Ketika CS berhasil dihubungi dan anda memberitahukan keperluan anda adalah ingin Tutup Polis, ia akan menanyai beberapa pertanyaan untuk mengkonfirmasi bahwa anda pemilik yang benar dari No polis yang akan di tutup, pertanyaannya yaitu :

  1. No Polis
  2. Nama Lengkap
  3. Tanggal Lahir
  4. Alamat yang didaftarkan
  5. Jumlah biaya perbulan yang dibayarkan
  6. No Hp

Jika verifikasi data diatas sesuai, anda nantinya akan ditanyai mau di kirim Formulir Surrender ke alamat rumah atau via email, saya pakai via email saja biar lebih cepat. Email datang selama 1×24 jam, jadi ditunggu saja.

Email Formulir tutup polis prudential

3 file akan kita dpatkan, dan 2 yang kita isi. Contoh bentuk formulirnya seperti ini :

Surat Tutup polis 1 Surat Tutup polis 2

Anda tidak bisa begitu saja membuat formulir yang serupa, karena formulir tersebut mempunyai no referensi dan no tersebut punya masa berlakunya (inofrmasi dair CS).

Formulis saya isi sesuai dengan ketentuan kemudian saya kasihkan ke pihak kantor cabang tempat saya mendaftar (sesuai instruksi agen) tapi kalau menurut CS bisa kirim langsung dokumen/persyaratan tutup polis ke alamat yang tertera di formulir :

Alamat Kantor Prudential

Kata pihak kantornya besoknya akan di kirim ke kantor pusat, sekaligus ngasih informasi kalau uang akan di transfer ke rekening tabungan saya sekitar 7-14 hari kerja. Setelah sekita 9 hari saya agak penasaran karena tak ada juga uang yang masuk ke tabungan, olehkarena itu saya kembali menelpon CS untuk menanyakan kapan uang ini masuk. Cara menghubunginya sama saja, dan tetap memberikan pertanyaan untuk verifikasi.

Ternyata uang hasil tutup polis ini sudah dijadwalkan/diantrikan dan masuk 1 hari lagi, benar saja besoknya uang ini masuk ke tabungan saya.

Dari penjelasan saya diatas mungkin ada yang menanyakan jumlah uang yang didapatkan dari hasil iuran sebesar Rp.350.000 selama 3 tahun ini dapat berapa? Yupz bulatnya yaitu Rp.5.600.000 kalau koma-komanya saya lupa lagi berapa. Kalau dihitung memang kurang dikit dari setengahnya, saya sih memaklumi dan menerima resiko ini, karena uang yang kita setorkan jika kurang dari 10 tahun ini dipakai biaya ini dan itu berkaitan dengan jaminan kesehatan yang akan anda daptkan, CMIIW.

Untuk mengetahui jumlah dana yang bisa dikembalikan bisa menghubungi agen anda, pihak kantor cabang, atau juga menghubungi Customer Service

Selengkapnya sih mending tanyain saja ke agen nya langsung biar lebih jelas, apalagi jangan sampai anda mendaftar asuransi ini tidak mengerti secara detail uang ini nantinya masuk kemana saja. :D.