Letak Folder penyimpanan File Database Mysql Aplikasi XAMPP

Anda semua pasti sudah pada tahu mengenai php, apalagi aplikasi yang biasa kita gunakan untuk melakukan berbagai percobaan mengenai aplikasi php secara offline, yupz diantaranya adalah XAMPP. Biasanya kita mengunakan Apache untuk PHP nya dan Mysql untuk menyiman datanya. Untuk file data php dan media lainnya disimpan di dalam folder htdocs, ini juga pasti sudah pada tahu kan ? hehe

Kalau untuk databasenya sudah pasti pakai Mysql, dan biasany kita membuat database ini melalui browser dengan mengakses url localhost/phpmyadmin. Semua tabel database dibuat disana agar terhubung dengan aplikasi php yang kita buat. Namun, pernahkan anda berpikir sebenarnya dimana letak fisik dari databse ini, kalau file php kan ada di htdocs, nah kalau databse ada di folder ?

Kita bisa melihat data fisik dari databse ini pada folder “xampp/mysql/data”. bisa melihat gambar di bawah ini :

Backup database sql tidak melalui phpmyadmin 1

Backup database sql tidak melalui phpmyadmin 2

Backup database sql tidak melalui phpmyadmin 3

Membackup Database Mysql tidak melalui Browser/Phpmyadmin

Jika anda sudah tahu lokasi databse mysql ini disimpan dalam folder XAMPP bagian yang mana, nantinya anda tidak akan bingung untuk membackup databse yang sudah susah payah kita buat, pentingnya itu saat XAMPP yang kita install erorr.

Ketika XAMPP mengalami kerusakan, kita bisa memindahkan databse ke XAMPP di drive yang berbeda, asalkan jangan lupa juga mengkopi file :

ibdata1

dari XAMPP yang lama ke XAMPP yang baru. Segitu saja yang bisa saya tuliskan, yang penting bermanfaat 😀 .

Author Image
Oleh Hargakata Writer - merupakan pemilik dari blog yang fokus ke artikel harga dan artikel hiburan lainnya, jika ada saran atau kritik bisa di kirim di menu contact