Cara Mengecek, dan Mencari NISN Via Internet

NISN atau kepanjangan dari Nomor Induk Siswa Nasional adalah no penting yang digunakan pemerintah untuk mendata semua siswa di Indonesia. Kode unik ini diberikan kepada siswa yang bersekolah di tingkat SD sampai dengan kuliah, semua tingkatan punya kode masing-masin.

Walaupun satu sekolah, NISN antar siswa beda satu sama lain. Dengan mengunakan NISN pemerintah bisa melihat kemajuan siswa di seluruh Indonesia, perubahan-perubahan nyapun bisa diketahui, contohnya saja perpindahan sekolah.

Dengan adanya no NISN, maka seorang siswa tidak perlu berganti nomor induk walaupun mengalami penggantian jenjang maupun jenis pendidikan. 1(satu) nomor akan digunakan hingga siswa tersebut menamatkan pendidikannya. Adapun perbedaan sistem pendataan NISN dengan pendataan yang dulu dilakukan oleh Depdiknas adalah konsep keterbukaan dan sistem kontrol sosial (social control) yang diberlakukan.

Dimana data dapat diakses secara online dan terbuka dalam batasan tertentu oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga setiap data yang ada dapat dikritik dan diklarifikasi langsung oleh masyarakat.

Dengan sistem ini, maka seluruh program-program Depdiknas yang berkaitan dengan pendataan akan lebih akuntabel, sehingga tujuan Renstra Depdiknas dalam meningkatkan tata kelola dan akuntabilitas publik dapat tercapai.

Anda bisa mengecek kebenaran no NISN melalui situs :

http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

Anda bisa menggunakan opsi menu “Pencarian Berdasarkan NISN“, ataupun bisa menggunakan menu “Pencarian Berdasarkan Nama” untuk mencari NISN dengan menginputkan Nama, Tempat, dan Tanggal Lahir.

Cek NISN Online

Cek NISN Online 2

Dengan situs itu anda bisa mengecek kebenaran dari NISN dan mencari NISN berdasarakan nama jika kita lupa dengan NISN yang kita cari.

Author Image
Oleh Hargakata Writer - merupakan pemilik dari blog yang fokus ke artikel harga dan artikel hiburan lainnya, jika ada saran atau kritik bisa di kirim di menu contact