Cara Registrasi Ulang atau Baru Kartu Simpati, As, Indosat, XL, Smartfren, dan Tri

Kemenkominfo sat ini sudah mewajibkan semua orang yang menggunakan handphone genggam menggunakan kartu SIM harus meregestrasi uang SIM Card mereka. Registrasi diberlakukan untuk semua operator, jadi data kartu perdana yang anda miliki datanya harus di isi sesuai Nomor Induk Kependudukan KTP dan juga No yang tertera di Kartu Keluarga.

REGISTRASI ULANG KARTU PERDANA

Baik itu untuk kartu SIM prabayar lama ataupun yang baru. Aturan baru ini berlaku mulai dari tangal 31 Oktober 2017, anda bisa melakukan regristrasi ulang via sms maupun via online (ada beberapa operator yang menyediakan seara online), batasan waktunya berakhir sampai 28 Februari 2018.

Hal ini tertera pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permen Kominfo) no.14 tahun 2017 mengenai registrasi pengguna layanan jasa telekomunikasi. Sebagai usaha pemerintah menanggulangi penyalahgunaan nomor handphone.

Data yang didaftarkan nantinya akan disimpan di database Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil). Jika anda bingung cara melakukan registrasi yang benar bisa melihat caranya di bawah ini :

Registrasi Kartu Telkomsel (Simpati & As)

BaruLama
REG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK) kirim ke 4444ULANG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK) kirim ke 4444
atau secara oline melalui : https://telkomsel.com/registrasiprabayar

Registrasi Kartu XL

BaruLama
DAFTAR#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK) kirim ke 4444ULANG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK) kirim ke 4444

Registrasi Ulang Kartu TRI

BaruLama
(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK) kirim ke 4444ULANG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK) kirim ke 44444

Registrasi Kartu Indosat

BaruLama
(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK) kirim ke 4444ULANG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK) kirim ke 4444

Registrasi Kartu Smartfren

BaruLama
(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK) kirim ke 4444ULANG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK) kirim ke 4444

Lalu bagaimana jika anda tidak melakukan registrasi ulang ? menurut Rudiantara sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) jika pelanggan tidak melakukan registrasi sesuai NIK dan KK, nomor kartu perdana akan diblokir nantinya.

Pertanyaan kedua Bagaimana cara melakukan registrasi ulang kartu perdana jika belum punya KTP ? NIK diberikan sejak bayi lahir, jadi sudah pasti semua penduduk punya NIK yang ada di dalam Kartu Keluarga, Jadi penggunan layanan telekomuniasi di bawah 17 tahun masih bisa meregristrasi ulang dan tetap bisa menggunakan jasa telekomunikasi.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda sekalian.