• 9 Khasiat dan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh

9 Khasiat dan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh

Sudahkah para pembaca tau khasiat apa yang bisa kita rasakan jika mengkonsumsi jeruk nipis?  vitamin C dan bioflavonoid memiliki manfaat untuk memperbaiki daya tahan tubuh, antioksidan, dan mencegah munculnya kanker. Selain itu, vitamin C adalah salah satu komponen untuk pembentukan kolagen secara alami dalam tubuh.

Mengkonsumsi jeruk nipis bisa dilakukan dengan beragam cara salah satu contohnya dengan air hangat. Untuk yang sedang diet atau menurunkan berat badan sangatlah berguna untuk mengurangi lemak jahat pada tubuh kita. Berikut ini selengkapnya mengenai manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh : 

1. Membantu menurunkan berat badan 

Setelah Anda bangun tidur, minum segelas air jeruk nipis hangat dengan madu. Tidak hanya Anda akan merasa segar, tetapi juga akan membantu sistem pencernaan Anda. Jeruk nipis memiliki sejumlah serat pektin di dalamnya, yang membantu dalam asimilasi gula lebih cepat ke aliran darah. Serat pektin ini juga membantu dalam mengurangi rasa lapar. 

Jadi secara tidak langsung membantu penurunan berat badan dengan mengurangi keinginan anda untuk makanan. Jadi, sebaiknya berusaha untuk membunuh rasa lapar dengan kopi atau teh, tapi dengan segelas air jeruk nipis. Hal ini dikombinasikan dengan efek detoksifikasinya, membuat konsumsi air jeruk nipis menjadi cara yang bagus untuk mengurangi berat badan. Campur jus jeruk nipis dalam air untuk menurunkan berat badan, minum setiap hari. 

Cara ini sederhana jika disertai dengan olahraga teratur akan membantu Anda menurunkan berat badan. Ada banyak cara dimana Anda bisa menggunakan air jeruk untuk penurunan berat badan. Ada banyak resep air jeruk nipis untuk menurunkan berat badan. Cobalah untuk kesehatan anda dan mendapatkan berat badan ideal. 

2. Mengobati Amandel 

Salah satu manfaat jeruk nipis mampu mengobati amandel, caranya adalah Kulit 3 jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. dilakukan 3-4 kali sehari. 

3. Mengobati Batuk 

Jeruk nipis bisa mengobati batuk caranya satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh. 

4. Mengobati Batu Ginjal 

Memang, Salah satu manfaat jeruk nipis adalah mengobati batu ginjal, caranya dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari kurang lebih 10 hari. 

5. Mengobati Jerawat 

Caranya Satu jeruk nipis diiris kemudian digosokkan pada kulit wajah. Inilah salah satu manfaat jeruk nipis, anda tidak perlu memakai obat kimia yang malah akan berbahaya untuk mengobati jeruk nipis. 

6. Mengobati Sakit Gigi 

Sakit gigi bisa disembuhkan oleh jeruk nipis, caranya campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan sekitar 4-6 kali sehari. 

7. Mengobati Sariawan 

Sudah rahasia umum, mengatasi sariawan adalah salah satu manfaat jeruk nipis, caranya peras air jeruk nipis di bagian yang sariawan, lakukan pagi, siang dan sore. Agak sedikit perih memang, tapi bisa lebih cepat sembuh. 

8. Memperlancar Pencernaan 

Serat di dalam jeruk nipis juga dapat membantu meringankan sembelit. Karena kadungan asamnya yang cukup tinggi dengan ditambah sedikit garam mampu memperlancar pencernaan. Itulah alasan mengapa banyak obat sembelit yang mengandung extrakjeruk nipis. 

9. Perawatan Mata 

Manfaat vitamin C bersifat anti oksidan yang mampu melindungi mata dari penuaan dan degenerasi. Selain itu kandungan flavonoid juga mampu membantu melindungi mataa dari infeksi.

Harga Kata © 2016 - All rights reserved